ADVERTISEMENT

Sinyal Calon Panglima TNI Pengganti Marsekal Hadi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 11:08 WIB
Presiden Joko Widodo (keempat kanan) bersama Wakil Presiden Maruf Amin (ketiga kanan) didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kelima kanan) meninjau alutsista yang dipamerkan usai memimpin upacara peringatan HUT TNI ke-76 di depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021). Perayaan HUT TNI ke-76 yang mengusung tema Bersatu, Berjuang Kita Pasti Menang itu diisi dengan pameran 112 alutsista di sekitar Istana Merdeka. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Jokowi dan Ma'ruf (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Tiga puluh dua hari menjelang masa pensiun Marsekal Hadi Tjahjanto, sinyal mengenai sosok Panglima TNI baru tergambar dari gestur Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Jokowi melempar candaan KSAD Jenderal Andika Perkasa jadi sopir Iriana, sedangkan Ma'ruf Amin sempat salah menyebut KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai 'Panglima'.

Berdasarkan informasi yang didapatkan detikcom, Rabu (6/10/2021), Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih mempertimbangkan sosok Panglima TNI selanjutnya. Surpres mengenai Panglima TNI baru ini juga belum dikirim ke DPR.

Jokowi Lempar Canda Andika Sopiri Iriana

Momen Jokowi melempar candaan ke Iriana dan Andika itu terjadi setelah upacara HUT ke-76 TNI di halaman Istana Merdeka selesai. Jokowi saat itu bersama Iriana dan Wapres Ma'ruf Amin beserta Wury Estu Handayani meninjau alutsista di depan Istana.

Sejumlah pejabat lain turut mendampingi, di antaranya Menko Polhukam Mahfud Md, Menhan Prabowo Subianto, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Jokowi tampak berdialog dengan Hadi di depan deretan kendaraan taktis yang dipamerkan.

"Bapak, mohon izin, ini jadi pengadaan pada renstra (rencana strategis) sampai tahun 2019," jelas Hadi kepada Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/10/2021).

"Oh, berarti ini baru-baru semua?" kata Jokowi.

"Siap, ini yang baru dari renstra sampai tahun 2019," timpal Hadi.

Setelah itu, KSAD Jenderal Andika Perkasa turut memberikan penjelasan kepada Jokowi.

"Ini ada yang menonjol, ini Angkatan Darat, kami punya 56 rantis," ucap Andika.

Peninjauan kendaraan-kendaraan taktis ini tak berlangsung lama. Jokowi dan rombongan langsung meninggalkan lokasi.

Sebelum kembali ke Istana, Jokowi sempat melontarkan candaan ke istrinya. Jokowi menawari Iriana naik kendaraan taktis TNI dan KSAD Andika yang menyopiri.

"Mau naik gimana? Biar yang nyetir Pak Andika, ha-ha-ha...," demikian candaan Jokowi kepada Iriana.

Jokowi, Ma'ruf Amin, Iriana Jokowi, dan Wury Ma'ruf kemudian menuju golf car. Jokowi kembali menyopiri golf car, mereka kemudian meninggalkan lokasi pameran alutsista.

Simak juga Video: Antusias Warga Lihat Pameran Alutsista TNI di Dekat Istana

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT