Round-Up

Hamdan Zoelva, Eks Staf Yusril yang Kini Jadi Lawan di Konflik Demokrat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 05:41 WIB
Hamdan Zoelva di DPP PBB
Foto: Hamdan Zoelva di DPP PBB. (Ahmad Bil Wahid/detikcom).
Jakarta -

Konflik Partai Demokrat membuat pertarungan antara Hamdan Zoelva dengan Yusril Ihza Mahendra. Hamdan dekat dengan Yusril, pernah satu payung di PBB, juga pernah menjadi staf Yusril kala menjabat Mensesneg.

Yusril saat ini masih menjadi Ketua Umum PBB. Hamdan pernah aktif dalam kepemimpinan PBB sejak berdiri hingga dilantik menjadi hakim MK pada 2013.

Kedekatan Yusril dan Hamdan juga terjadi di luar partai. Saat Yusril menjadi Mensesneg pada 2004 hingga 2007, di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Hamdan menjadi staf khusus Yusril. Kemudian, Yusril menjadi co-promotor ketika Hamdan mengambil gelar doktor di Universitas Padjajaran.

Karena kesamaan itu, namun kini berbeda kubu, Yusril berseloroh. "Ini jeruk makan jeruk," kata Yusril.

Meski demikian, Yusril menilai Hamdan sebagai orang profesional dan objektif. Pikirannya jernih dan jauh dari sikap emosional.

"Kader-kader PBB umumnya cerdas dan profesional, apalagi menangani soal-soal hukum. Mereka nggak cengengesan. Menangani kasus hukum tapi jorjoran bikin manuver politik hantam sana hantam sini seperti pakai jurus dewa mabuk dalam dunia persilatan. Karena itu, saya gembira mendengar Hamdan jadi lawyer pihak sana," kata Yusril.

Diketahui, Yusril di-hire oleh empat mantan kader Demokrat untuk menggugat AD/ART partai berlambang mirip logo Mercy itu ke Mahkamah Agung.

Kuasa hukum capres Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra (kanan) mengunjungi narapidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir (tengah) di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat , Jumat (18/1/2019). Abu Bakar Baasyir akan dibebaskan dengan alasan kemanusiaan karena usia yang sudah tua dan dalam keadaan sakit serta memerlukan perawatan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/pras.Yusril Ihza Mahendra (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/pras) Foto: Dok.detikcom

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan video 'Lawan Gugatan Moeldoko, PD Siapkan Saksi Terkait Kongres Tahun 2020':

[Gambas:Video 20detik]