Ular Piton 5 Meter Sembunyi di Loteng Rumah Warga Wajo Sulsel

Zulkipli Natsir - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 22:40 WIB
Ular piton di Wajo diamankan (Dok istimewa)
Ular piton di Wajo diamankan (Dok Istimewa)
Wajo -

Ular piton sepanjang 5 meter bersembunyi di saluran pipa loteng atap rumah warga di Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ular piton bermotif kembang ini memiliki bobot sekitar 20 kg.

"Proses evakuasi segera kami lakukan sesaat setelah mendapat informasi dari warga tentang adanya ular piton yang masuk ke rumahnya. Dan betul kami temukan keberadaan ular jenis piton, sanca batik ini bersembunyi di loteng atap rumah warga," terang Komandan Peleton 1 Damkar Wajo Andi Deky Hartono, saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (7/10/21).

Setelah mendapatkan laporan warga, petugas damkar segera menuju lokasi untuk mengevakuasi ular tersebut. Ular piton tersebut terus merangsek masuk ke lubang saluran pipa sehingga menyulitkan petugas damkar.

"Petugas sempat kesulitan menangkap ular karena kondisi lokasi yang sempit dan ular terjebak di dalam pipa," ungkap Andi Deky.

Akhirnya pipa loteng pun dipotong dan dipindahkan ke lapangan sekitar. Sejumlah petugas pun harus berusaha ekstra menarik sedikit demi sedikit bagian badan ular yang terjebak di dalam pipa karena perutnya membesar diduga usai memangsa ternak milik warga.

"Perutnya agak besar diduga habis memangsa hewan ternak," tambah Andi.

Ular piton tersebut diamankan petugas damkar. Pihak damkar berencana melepasliarkan ular itu ke habitat aslinya.

(isa/isa)