Napi Mengamuk, Lapas Parigi Moutong Sulteng Dirusak

Mohammad Qadri - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 21:48 WIB
Parigi Moutong -

Napi mengamuk di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng). Sejumlah fasilitas di lapas dirusak hingga terjadi pelemparan ke arah sipir dan aparat kepolisian.

Informasi yang diperoleh, amukan warga binaan terjadi pada Kamis (7/10/2021) sore. Warga binaan melempar benda kepada sipir dan aparat kepolisian, hingga merusak gedung lapas. Amukan tersebut berlangsung sejak sore hingga malam ini.

"Untuk penyebabnya masih kami dalami dulu, namun situasi di dalam lapas sudah kondusif. Sebanyak 100 personel anggota Polri juga sudah tiba sejak sore tadi untuk melakukan pengamanan," ungkap Kepala Lapas Parimo Muhammad Askari Utomo saat dihubungi detikcom pada Kamis (7/10/2021) malam.

Askari menambahkan, atas kejadian tersebut, ia memastikan tidak ada warga binaan maupun pegawai lapas dan anggota Polri yang terluka. Namun beberapa fasilitas lapas ada yang rusak.

"Semuanya aman dan dipastikan tidak ada yang terluka. Fasilitas ada yang rusak tapi belum bisa kita sampaikan lebih rinci," ucapnya.

Sementara itu, dalam sejumlah video yang beredar, amukan warga binaan juga menyebabkan terjadi pembakaran di area lapangan bagian dalam lapas, yang dilakukan oleh warga binaan.

(aik/aik)