detikcom Do Your Magic

Pembakaran Sampah Pondok Betung Disetop, Pengidap Asma Tak Lagi Engap

Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 16:45 WIB
Lahan pembuangan sampah di Gang Sawo, Pondok Betung, Tangerang Selatan, 7 Oktober 2021. (Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya/deticom)
Lahan pembuangan sampah di Gang Sawo, Pondok Betung, Tangerang Selatan, 7 Oktober 2021. (Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya/deticom)
Tangsel -

Asap yang membubung dari pembakaran sampah liar di Pondok Betung, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel), sudah tak muncul lagi belakangan ini. Aan Sukaeti (40), warga sekitar yang mengidap asma, merasa pernapasannya kini lebih nyaman.

"Selama ini saya nggak ngerasain, sih. Udah lama ini saya udah nggak nyium-nyium bau asap pembakaran," kata Aan saat ditemui detikcom di Pondok Betung, Pondok Aren, Tangsel, pada Kamis (7/10/2021).

"Biasanya kecium banget, kan, tuh, asapnya di sana juga suka ngebul," lanjut dia.

Ia mengaku melihat mobil angkut milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangsel beberapa kali mondar-mandir mengambil sampah dari TPS liar di RT 07 RW 01 itu. Diketahui, DLH Tangsel kini memberikan layanan angkut residu sampah dari lahan pembuangan yang dikelola oleh Darkim (60).

"Iya (mobil angkut sampah DLH) ngangkut sampah di sana. Sempet lihat, kayak mobil pikap gitu," kata Aan.

Ia mengharapkan agar pembakaran sampah di lahan pembuangan itu tak lagi dilakukan di waktu mendatang. Sebab, kata dia, lokasi lahan tersebut berada di tengah tempat tinggal warga yang merasakan efek buruk dari asap.

"Jangan dibakar di sini, gitu. Angkut mah angkut aja asal jangan bakar di sini. Kalau ada pembakaran mah engap (bikin napas megap-megap) banget, ya," katanya.

Hal serupa diutarakan oleh Madis (50), warga Gang Sawo, Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Tangsel, yang bertempat tinggal di sekitar 30 meter dari lokasi pembakaran. Menurutnya, kini asap pembakaran sampah tak lagi membubung di sekitar rumahnya.

"Sekarang ini alhamdulillah beberapa hari saya lihat udah nggak ada pembakaran," kata Madis kepada detikcom, Kamis (7/10/2021).

Sampah di Pondok Betung, Tangsel, yang dikelola Darkim. 24 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)Sampah di Pondok Betung, Tangsel, yang dikelola Darkim. 24 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Meskipun begitu, ia mewanti-wanti jika pembakaran sampah tak dilakukan saat ini hanya karena sedang memasuki musim hujan. Ia berharap kegiatan pembakaran sampah di lahan pembuangan milik Darkim itu dihentikan sepenuhnya.

"Ya, semoga untuk selamanya nggak dibakar lagi," ujarnya.

"Jadi kalau dibakar di sini warga sekitar kayaknya agak keberatan karena asap. Asap baunya tuh terasa," kata dia.

Lahan pembuangan dan pembakaran tersebut tepatnya di Gang Sawo, RT 07 RW 01, Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Tangsel. Lokasi lahan terbuka tersebut agak tersembunyi di ujung tikungan gang.

Pantauan detikcom pada Kamis (7/10) di lokasi, tampak sudah tak ada lagi asap yang mengebul dari gunungan sampah di TPS. Terlihat ada Darkim selaku pengelola sampah dan pekerjanya sedang memilah sampah di lapak. Masih tercium bau tak sedap yang muncul dari lahan sampah itu, tetapi tak lebih menyengat dibanding dua pekan lalu.



Simak Video "Waduh! Lahan Sampah di Tengah Pemukiman Warga di Tangsel Bikin Resah"
[Gambas:Video 20detik]
(dnu/dnu)