detikcom Do Your Magic

Camat Harap Tanggul di Kali Baru Pertigaan Hek Diperbaiki Bulan Ini

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 14:55 WIB
Tanggul yang rusak di Kali Baru, Kawasan Hek, Kramat Jati Jakarta Timur diperbaiki sementara.
Foto: Athika Rahma/detikcom
Jakarta -

Camat Kramat Jati Rudy Syahrul berharap agar tanggul yang jebol di Kali Baru, Kawasan Hek, bisa segera diperbaiki. Namun, pembangunan tanggul itu menunggu perbaikan di Bulak Rantai.

"Mudah-mudahan minggu kedua atau ketiga sudah dikerjakan," kata Rudy saat dihubungi, Rabu (6/10/2021).

Rudy menyebut saat ini perbaikan tanggul di Bulak Rantai masih dikerjakan. Soal kapan kepastian kapan pekerjaan di situ selesai dan mulai di tanggul Kawasan Hek, belum diketahui.

"Kalau tanggal pastinya saya nggak bisa menentukan. Kalau sudah selesai pembuatan tanggul yang dekat pintu masuk Bulak Rantai, langsung pindah ke lokasi yang bocor tersebut. Karena, yang ada di 4 titik yang sudah mulai selesai di dekat pintu masuk tersebut," katanya.

Tanggul Kali Baru di dekat pertigaan Hek yang jebol telah ditambal sementara. Warga di sekitar Jl Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur, meminta agar perbaikan permanen segera dilakukan.

Wahyu, salah satu warga yang tinggal di Jl Ja. Abah, mengaku tanggul kayu dan karung tanah yang saat ini cukup menghalau derasnya air saat kali pasang. Namun dia khawatir suatu saat tanggul tersebut tidak kuat dan membuat air meluap.

"Ya ini sebenarnya bagus sih ini, ada yang udah setahun (merujuk tanggul kayu). Cuma kalau bagus lagi ya dicor," katanya kepada detikcom, Selasa (5/10/2021).

Wahyu mengatakan saat ini Kali Baru sedang tidak pasang. Sebab, tidak ada hujan selama 3 hari ke belakang. Menurutnya, biasanya volume air kali meninggi jika ada 'air kiriman' dari Bogor.

"Kalau hujan di Bogor airnya ke sini, meskipun di sini nggak hujan bisa meluap ke sini," tuturnya.

(aik/dnu)