detikcom Do Your Magic

Takut Tanggul Sementara Jebol, Warga Kawasan Hek Minta Perbaikan Permanen

Athika Rahma - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 13:17 WIB
Tanggul yang rusak di Kali Baru, Kawasan Hek, Kramat Jati Jakarta Timur diperbaiki sementara.
Foto: Athika Rahma/detikcom
Jakarta -

Tanggul Kali Baru di dekat pertigaan Hek yang jebol telah ditambal sementara. Warga di sekitar Jl Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur, meminta agar perbaikan permanen segera dilakukan.

Wahyu, salah satu warga yang tinggal di Jl Ja. Abah, mengaku tanggul kayu dan karung tanah yang saat ini cukup menghalau derasnya air saat kali pasang. Namun dia khawatir suatu saat tanggul tersebut tidak kuat dan membuat air meluap.

"Ya ini sebenarnya bagus sih ini, ada yang udah setahun (merujuk tanggul kayu). Cuma kalau bagus lagi ya dicor," katanya kepada detikcom, Selasa (5/10/2021).

Wahyu mengatakan saat ini Kali Baru sedang tidak pasang. Sebab, tidak ada hujan selama 3 hari ke belakang. Menurutnya, biasanya volume air kali meninggi jika ada 'air kiriman' dari Bogor.

"Kalau hujan di Bogor airnya ke sini, meskipun di sini nggak hujan bisa meluap ke sini," tuturnya.

Dia berharap perbaikan secara permanen segera dilakukan. Menurutnya, sudah ada pengecoran di tanggul Kali Baru yang jebol di sekitar perumahan Bulak Rantai.

"Iya itu pengerjaan udah lama karena susah airnya kemarin kemarin hujan, sekarang baru bisa dikerjain," katanya.

Warga lainnya, Yani, berharap tidak hanya tanggul di kali dekat pertigaan Hek saja yang nantinya segera dicor, tapi seluruh titik yang jebol.

"Harapannya supaya nggak banjir lah. Ya di semua yang jebol harus dibenerin, jangan cuma karena pakai kayu terus bagus nggak rembes akhirnya dibiarin. Tetep harus dicor," katanya.

(aik/aik)