detikcom Do Your Magic

Camat Kramat Jati: Tanggul Jebol Hek Kramat Jati Akan Diperbaiki Permanen

Athika Rahma - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 13:51 WIB
Solusi sementara genangan hek Kramat Jati, Jaktim, tanggul ditutup dengan karung pasir. (Dok Sudin SDA Jaktim)
Solusi sementara genangan hek Kramat Jati, Jaktim, tanggul ditutup dengan karung pasir. (Dok. Sudin SDA Jaktim)
Jakarta -

Biang masalah genangan di pertigaan Hek Kramat Jati sudah ketemu, ada tanggul jebol di tembok dan kios di Kali Baru. Sementara ini, jebolan tanggul hanya ditutup karung tanah. Perbaikan permanen akan dilakukan kemudian.

Kepastian perbaikan permanen tanggul jebol di pinggir Jl Raya Bogor Jakarta Timur itu disampaikan oleh Camat Kramat Jati, Rudy Syahrul. Namun perbaikan di lokasi sekitar pertigaan Hek ini harus menunggu perbaikan di tempat lain selesai, yakni di tanggul Kali Baru dekat Perumahan Bulak Rantai, sekitar 300 meter dari sini.

"Setelah selesai satu titik pekerjaan, barulah lokasi yang dibuat penanganan sementara itu dikerjakan tanggulnya," kata Rudy Syahrul, Senin (4/10/2021).

Rudy menjelaskan, ada lebih dari satu turap tanggul Kali Baru yang jebol di sekitar Jl Raya Bogor ini. Jumlahnya empat titik. Adapun pengerjaan turap tanggul di dekat Perumahan Bulak Rantai, prosesnya sudah hampir selesai.

"Untuk titik yang ke arah Bulak Rantai sebentar lagi selesai," kata Rudy Syahrul.

Hasil penanganan sementara tanggul jebol yang bikin genangan di pertigaan Hek, Jl Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur, 4 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)Hasil penanganan sementara tanggul jebol yang bikin genangan di pertigaan Hek, Jl Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur, 4 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Pantauan detikcom di lokasi jebolnya tanggul, tak ada lagi air Kali Baru yang meluber menggenangi Jl Raya Bogor, pagi tadi. Selain karena jebolan turap tanggul sudah ditahan dengan karung-karung dan kayu, permukaan air Kali Baru sedang tidak tinggi.

Penanganan sementara jebolan tanggul tampak ala kadarnya. Kayu-kayu dibikin sedemikian rupa menyerupai pagar supaya bisa menahan karung-karung di pinggir kali berair cokelat itu. Untuk jebolan tembok di kios pinggir kali, lubang ditutup dengan tumpukan karung berisi tanah.

(dnu/dnu)