Kenapa Sertifikat Vaksin Tidak Muncul dan Call Center untuk Dihubungi

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 13:43 WIB
Kenapa Sertifikat Vaksin Tidak Muncul dan Call Center untuk Dihubungi
Kenapa Sertifikat Vaksin Tidak Muncul dan Call Center untuk Dihubungi -- ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Kenapa sertifikat vaksin tidak muncul? Permasalahan ini dialami sejumlah warga yang sudah disuntik vaksin Corona.

Saat ini sertifikat vaksin menjadi syarat wajib untuk melakukan kegiatan di tempat umum. Seperti masuk pusat perbelanjaan, menggunakan transportasi umum, atau masuk bioskop.

Oleh sebab itu, masalah sertifikat vaksin yang tidak muncul bisa jadi kendala saat warga beraktivitas. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar masyarakat memperoleh sertifikat vaksin.

Berikut pembahasan mengenai alasan kenapa sertifikat tidak muncul serta solusinya.

Kenapa Sertifikat Vaksin Tidak Muncul? Ini Jawabannya

Sebenarnya surat vaksin akan muncul di PeduliLindungi secara otomatis setelah melakukan vaksinasi. Dilansir dari situs resmi Kemkominfo, Indonesia Baik, setiap warga yang sudah melakukan vaksinasi akan langsung mendapatkan sertifikat vaksin di aplikasi ataupun website PeduliLindungi. Tapi sertifikat baru akan muncul apabila sudah daftar di PeduliLindungi.

Maka dari itu, pastikan kamu sudah mendaftarkan data dirimu di PeduliLindungi untuk melihat sertifikat vaksin. Selain itu, sertifikat vaksin yang belum muncul juga kadang disebabkan karena kesalahan saat memasukkan data diri seperti nama lengkap, NIK, ataupun nomor ponsel.

Kenapa Sertifikat Vaksin Tidak Muncul dan Langkah yang Harus Dilakukan

Setelah mengetahui kenapa sertifikat vaksin tidak muncul, berikut solusinya untuk mengatasi permasalahan ini. Perlu diketahui bahwa sebenarnya tidak perlu takut dan panik saat sertifikat vaksin tidak muncul di PeduliLindungi. Karena permasalahan seperti ini sebenarnya kerap terjadi.

PeduliLindungi menyediakan layanan telepon bagi masyarakat yang mengalami kendala mengenai sertifikat vaksin yang tidak muncul. Caranya terbilang cukup mudah, hanya dengan telepon ke nomor 119 untuk terhubung ke call center resmi PeduliLindungi.

Saat menghubungi call center, sebutkan nama lengkap, NIK, serta lokasi dan waktu vaksin. Selain itu, pastikan untuk menjelaskan kendala yang dialami kepada petugas dengan jelas.

Penjelasan lanjutan soal kenapa sertifikat vaksin tidak muncul dapat dicek di halaman berikutnya.

Simak juga 'Alasan Pengunjung Nggak Pakai PeduliLindungi Saat Masuk Pasar':

[Gambas:Video 20detik]