Sosok Istri Novel Baswedan, Tangguh dan Setia Dukung Suami Sejak Awal Karir

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 11:27 WIB
Sosok Istri Novel Baswedan, Tangguh dan Setia Dukung Suami Sejak Awal Karir
Sosok Istri Novel Baswedan, Tangguh dan Setia Dukung Suami Sejak Awal Karir (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Istri Novel Baswedan, Rina Emilda, jadi sosok yang tak lepas mendampingi penyidik KPK tersebut. Kehadiran Rina Emilda jadi sorotan saat Novel Baswedan disiram air keras hingga kini dipecat oleh KPK.

Sosok Rina Emilda memang tak pernah lepas mendukung sejak awal karir Novel Baswedan sebagai anggota Polri hingga KPK. Bahkan saat pemecatan, Emilda mengaku sangat bangga menjemput suaminya lantaran yakin suaminya tak melanggar kode etik apa pun.

"Saya di sini bukan untuk menjemput suami saya, saya mendampingi suami saya sejak menjadi polisi hingga ke KPK hingga hari ini September ini. Saya menjemput dengan bangga karena tidak ada kode etik yang dilanggar," kata Emil, pada Selasa (5/10/2021).

Dukungan Istri Novel Baswedan Saat Teror Siraman Air Keras

Dukungan dari Rina Emilda tak pernah berhenti untuk Novel Baswedan. Jika mengingat insiden penyiraman air keras kepada Novel Baswedan pada 2017, Emilda tak lepas menyuarakan dukungan agar adanya keadilan bagi suaminya.

Kala itu Emilda juga menulis sebuah surat kepada Presiden Jokowi. Dia juga berharap agar bisa bertemu secara langsung dan meminta Jokowi memberi perhatian terkait kasus yang menimpa Novel Baswedan.

"Kami sekeluarga menunggu untuk bertemu dengan Bapak Presiden untuk meneruskan kasus ini. Harapannya agar segera ada perhatian Bapak Presiden membentuk tim gabungan pencari fakta (TGPF) agar bisa melihat fakta-fakta penyiraman ini secara objektif," kata Emilda.

"Apabila perkara ini terungkap, tidak terjadi kembali teror kepada penegak hukum seperti yang dialami suami saya," lanjutnya.

Kata Istri Novel Baswedan soal TWK KPK

Tak berhenti di kasus teror siram air keras terhadap suaminya, kini Novel Baswedan juga menghadapi pemecatan dari lembaga yang menaungi dirinya sejak 2007 itu. Lagi-lagi Emilda pasang badan mendukung sang suami.

"TWK yang sudah jelas dilanggar dan ada kesengajaan untuk menyingkirkan suami saya. Dan saya akan terus mendukung perjuangan di luar gedung KPK ini," katanya.

Selengkapnya tentang sosok Istri Novel Baswedan dapat disimak di artikel HaiBunda berjudul 'Mengenal Sosok Rina Emilda, Istri Novel Baswedan yang Tangguh & Pemberani'

(izt/imk)