Round-Up

Perkara Bikin Geleng Kepala: Korupsi Duit Masjid hingga Gereja

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 08:04 WIB
Ilustrasi korupsi
Ilustrasi Korupsi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Belakangan ini kasus-kasus dugaan korupsi yang membuat publik 'geleng-geleng' kepala mencuat ke permukaan. Yang bikin geleng-geleng kepala, dugaan korupsinya terkait kemaslahatan umat, yakni duit pembangunan masjid dan gereja, hingga lahan untuk kuburan.

Dua kasus dimaksud ialah dugaan korupsi pembangunan Masjid Sriwijaya di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), dan dugaan korupsi pembangunan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Jema'at Eben Haezer di Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Fakta yang membuat tambah ironi, ada keterlibatan pejabat negara di tiap kasus dugaan korupsi tersebut. Kasus Masjid Sriwijaya menjerat Alex Noerdin selaku Gubernur Sumsel, sedangkan kasus GPdI Jema'at Eben Haezer menyeret seorang anggota DPRD Kalbar dan DPRD Sintang.

Berikut ini tentang 2 kasus dugaan korupsi masjid dan gereja dimaksud:

Karena Korupsi Masjid Sriwijaya Jadi Sarang Kobra-Babi

Pembangunan Masjid Sriwijaya mangkrak karena anggaran pembangunannya dikorupsi. Kini, lokasi proyek masjid itu menjadi sarang ular dan babi.

Kompleks Masjid Sriwijaya berada di Jalan Pangeran Ratu, Jakabaring, Palembang. Di lokasi, rumput liar tumbuh tinggi. Tidak mudah menuju titik yang di atas lahannya bakal berdiri bangunan utama masjid.

Mulai masuk gerbang yang pintunya sudah roboh dan tidak dipasangi garis polisi itu, terlihat ada plang bertulisan 'Kawasan & Bangunan Ini Dalam Proses Penyidikan Pipikor Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan'. Selain itu, ada beberapa tiang fondasi berdiri di sana.

Pembangunan Masjid Sriwijaya Palembang mangkrak akibat dananya dikorupsi. Warga menyebut bangunan tersebut menjadi sarang babi dan ular berbisa. (Prima Syahbana/detikcom)Warga menyebut bangunan tersebut menjadi sarang babi dan ular berbisa. (Prima Syahbana/detikcom)

Saking lamanya mangkrak, warga sekitar mengimbau agar tidak menuju lokasi utama dengan berjalan kaki karena ada ancaman serangan ular berbisa ataupun babi.

"Hati-hati ya, Pak, kalau mau masuk ke dalam (titik utama bangunan masjid). Kami dulu pernah lihat ular (ular kobra) dan babi di sekitaran situ," kata Arman Maulana, seorang warga yang sudah lama berdagang di sekitar kompleks Masjid Sriwijaya, saat berbincang dengan detikcom, Minggu (3/10/2021).

Kasus dugaan korupsi anggaran pembangunan Masjid Sriwijaya ini setidaknya menjerat 9 tersangka. Tiga di antaranya belum masih proses penyidikan. Berikut inciannya:

- Alex Noerdin selaku Gubernur Sumsel 2013-2018
- Agustinus Antoni Kabid Anggaran BPKAD sekaligus Sekretaris Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Sumsel
- Loka Sangganegara selaku Tim Leader Pengawas PT Indah Karya

Semua duit untuk pembangunan Masjid Sriwijaya 'menguap' entah ke mana. Baca di halaman berikutnya.

Tonton Video: Menjelajah Masjid Sriwijaya yang Katanya Jadi Sarang Ular-Babi

[Gambas:Video 20detik]