KPK Cecar 5 Eks Anggota DPRD Mimika soal Anggaran Pembangunan Gereja

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 16:07 WIB
Ali Fikri
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK telah memeriksa lima anggota DPRD Mimika periode 2014-2019 sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pembangunan gereja di Kabupaten Mimika, Papua. KPK mencari tahu terkait anggaran pembangunan Gereja Kingmi Mile 32.

"Para saksi hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan proses pembahasan anggaran di Banggar DPRD Mimika terkait dengan proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 tahap 1 tahun anggaran 2015 di Kabupaten Mimika," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (17/9/2021).

Saksi itu di antaranya Karel Gwinangge, Sony Henok, Saleh Alhamid, M Nurman Karupokaro, dan Paulus Yanengga. Mereka diperiksa di Mapolres Mimika pada Kamis (16/9) dan Jumat (17/9).

Sebenarnya KPK memanggil satu anggota DPRD Mimika lainnya sehingga jumlah saksi seharusnya enam orang. Namun satu orang bernama Eltinus Mom tidak hadir tanpa keterangan. KPK akan menjadwalkan ulang pemanggilannya.

"Karenanya, KPK mengimbau untuk kembali hadir pada jadwal pemeriksaan selanjutnya," kata Ali.

Seperti diketahui, KPK memang sedang mengusut dugaan adanya tindak pidana korupsi dalam proyek pembangunan gereja di Kabupaten Mimika, Papua. KPK tengah mengumpulkan sejumlah alat bukti dan memeriksa sejumlah saksi.

"Bahwa benar saat ini KPK sedang melakukan penyidikan atas dugaan tindak pidana korupsi terkait proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 tahap 1 TA 2015 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (4/11/2020).

(zap/zap)