ADVERTISEMENT

Golkar Minta TNI Penuhi Postur Pertahanan: Biar Disegani Kawan dan Lawan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 18:15 WIB
Sejumlah prajurit TNI tengah membersihkan Alutsista di kawasan Istana Negara, Jakarta, Senin (4/20/2021). Ratusan alutsista ini terpampang di Istana Merdeka tepatnya di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan dan Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, dalam rangka perayaan HUT ke-76 TNI .
Prajurit TNI dan alutsistanya. (Grandyos Zafna/detikcom)

Jokowi Bicara Investasi Pertahanan

Selain itu, Jokowi berbicara soal modernisasi pertahanan yang harus disertai terobosan pengelolaan ekonomi dan investasi pertahanan. Jokowi ingin paradigma diubah dari belanja pertahanan menjadi investasi pertahanan.

"Saya tegaskan kembali kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berpikir jangka panjang, yang dirancang sistematis dan yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan," ujar Jokowi.

Jokowi meminta TNI terus aktif dalam meningkatkan inovasi teknologi militer. Jokowi ingin Indonesia mandiri dalam industri pertahanan.

"Untuk itu, saya perintahkan agar terus melakukan adopsi dan inovasi teknologi mutakhir di negara kita bergerak aktif dalam konsorsium pertahanan global, memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri pertahanan dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni," ujar Jokowi.


(rfs/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT