detikcom Do Your Magic

Kondisi Tanggul di Hek Kramat Jati Sebelum dan Setelah Ditambal Sementara

Athika Rahma - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 12:04 WIB
Tanggul yang rusak di Kali Baru, Kawasan Hek, Kramat Jati Jakarta Timur diperbaiki sementara.
Foto: Athika Rahma/detikcom
Jakarta -

Tanggul yang jebol di Kali Baru, Kawasan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur, kini telah diperbaiki sementara. Hal ini dilakukan untuk mencegah air kali mengalir ke jalan saat tengah pasang.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (5/10/2021), dinding yang jebol tersebut ditambal dengan tumpukan karung tanah dan kayu yang disusun sedemikian rupa. Dinding tersebut terletak di bagian kali dekat pertigaan Hek.

Lubang tanggul Kali Baru sumber genangan Jl Raya Bogor, kawasan pertigaan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur. 1 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)Lubang tanggul Kali Baru sumber genangan Jl Raya Bogor, kawasan pertigaan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur. 1 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Sebelumnya, kondisi tanggul tersebut rusak karena berulang kali diterjang air kali saat bervolume tinggi. Tanggul tersebut membuat celah sehingga saat kali pasang, air merembes ke kios milik warga sekitar, dan kemudian mengalir ke Jl Raya Bogor.

Tanggul yang rusak di Kali Baru, Kawasan Hek, Kramat Jati Jakarta Timur diperbaiki sementara.Tanggul yang rusak di Kali Baru, Kawasan Hek, Kramat Jati Jakarta Timur diperbaiki sementara. (Athika Rahma/detikcom)

Kios milik warga yang dimaksud juga telah mendapatkan perbaikan sementara, yaitu dengan penambalan dinding kios menggunakan karung tanah. Sebelumnya, dinding kios tersebut memiliki celah yang menjadi 'jalan keluar' air dari kali.

Sementara itu, kondisi jalan di kawasan pertigaan Hek telah mengering sejak tiga hari lalu. Menurut penuturan warga, hal ini dikarenakan tidak adanya hujan sejak Sabtu (2/10) lalu, karena biasanya air menggenang saat terjadi hujan atau adanya 'air kiriman' dari Bogor.

Tanggul yang rusak di Kali Baru, Kawasan Hek, Kramat Jati Jakarta Timur diperbaiki sementara.Tanggul yang rusak di Kali Baru, Kawasan Hek, Kramat Jati Jakarta Timur diperbaiki sementara. (Athika Rahma/detikcom)

Camat Kramat Jati Rudy Syahrul mengatakan, setelah perbaikan sementara ini, akan ada perbaikan tanggul secara permanen yang akan dilakukan kemudian. Namun perbaikan di lokasi sekitar pertigaan Hek ini harus menunggu perbaikan permanen di tempat lain selesai, yakni di tanggul Kali Baru dekat Perumahan Bulak Rantai, sekitar 300 meter dari sini.

"Setelah selesai satu titik pekerjaan, barulah lokasi yang dibuat penanganan sementara itu dikerjakan tanggulnya," kata Rudy Syahrul, Senin (4/10).

(aik/aik)