Mengenang Eks Bupati Yahukimo Abock Busup: Bagikan Dana Desa Rp 34 M Tunai

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 12:43 WIB
Eks Bupati Yahukimo, Abock Busup (dok. abockbusup.com)
Eks Bupati Yahukimo Abock Busup (situs abockbusup.com)
Jakarta - Ketua DPW PAN Papua Abock Busup meninggal dunia di Jakarta. Abock Busup menjadi Bupati Yahukimo periode 2016-2021.

Dia merupakan bupati kedua Kabupaten Yahukimo. Bupati pertama ialah Ones Pahabol.

Abock Busup memimpin Yahukimo dengan didampingi Wakil Bupati Yulianus Heluka.

Dilihat dari situs pribadinya, Abock Busup lahir di Korupun, Papua, pada 4 Desember 1976.

Riwayat pendidikan:
- Sekolah Dasar di Kurupun
- SMP dan SMA di Wamena
- Kuliah S1 sarjana Thelogia (STh) di Baptis Papua, dan S2 di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Karier politik di PAN:
- Ketua Caretaker DPD PAN Kabupaten Yahukimo tahun 2003-2004,
- Ketua DPD PAN Kab Yahukimo periode 2004-2009,
- DPD PAN Papua periode 2010-2015,
- DPW Papua periode 2015-2020,
- Ketua DPD PAN Provinsi Papua periode 2021-2026.

Abock Busup berencana mencalonkan diri sebagai Gubernur Papua pada Pemilu 2024.

"Dan saya akan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk membuat negeri Papua tercinta menjadi negeri yang aman dan damai," demikian bunyi di situs tersebut seperti dilihat, Selasa (5/10/2021).

Simak aksi viral Abock Busup membagikan Dana Desa Rp 34 miliar di halaman berikutnya.

Viral Bagikan Dana Desa Rp 34 M

Saat menjabat sebagai bupati, aksi Abock Busup membagikan Dana Desa secara tunai kepada masyarakat di tengah lapangan. Tumpukan uang pecahan Rp 100 ribu tampak dihamparkan di meja.

Sementara itu, di depan panggung, terlihat begitu banyak warga berkumpul.

"Itu harus distribusi 9 distrik di sini. Uang ini tidak boleh ada yang memotong lagi. Kami ada administrasinya lengkap di sini. Ada draf petunjuk ini, harus sesuai petunjuk ini," kata Abock dalam video seperti dilihat detikcom, Senin (19/4).

Abock menjelaskan soal momen bagi-bagi Dana Desa tersebut terjadi pada 2017. Abock mengatakan Dana Desa sangat berguna bagi masyarakat.

Video Bupati Yahukimo Abock Busup membagikan Dana Desa secara tunai ke masyarakat di tengah lapangan terbuka viral di medsos (Screenshot video viral)Video Bupati Yahukimo Abock Busup membagikan Dana Desa secara tunai ke masyarakat di tengah lapangan terbuka viral di medsos (Screenshot video viral)

"Sudah ditetapkan sejak 2017, bukan hal baru," kata Abock saat dihubungi detikcom.

Dia mengatakan ada 12 titik yang didatangi saat pembagian Dana Desa sebesar Rp 34 miliar. Abock mengatakan di Kabupaten Yahukimo ada 51 kecamatan dan 517 desa.

"Ada 517 desa, yang terima Dana Desa 510 (desa). (Ada) 7 desa tidak termasuk, kami siapkan APBD. Satu desa (diberi) Rp 500 juta. Itu (digunakan) untuk padat karya, air bersih, perbaikan jalan. Dana Desa ini sangat berguna," ujarnya.

Abock lalu menerangkan pembagian Dana Desa dilakukan di lapangan terbuka guna transparansi. Dia mengatakan TNI-Polri ikut mengawal pembagian Dana Desa tersebut.

"(Tujuannya) ya transparansi, tak boleh ada pemotongan administrasi. Jadi biaya sewa pesawat dari APBD. Seribu rupiah pun kita serahkan ke masyarakat. Dan ini bagian sosialisasi program dari pemerintah pusat. Kedua, negara hadir di tengah masyarakat. Itulah negara hadir di situ. Karena ini daerah pedalaman, indikasi membawa uang tak ada. Jadi uang langsung kita serahkan ke masyarakat sudah, baiknya begitu," jelasnya.

Dia mengatakan pembagian langsung Dana Desa secara tunai di wilayahnya aman dilakukan juga karena tak ada kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Yahukimo. Abock menjelaskan Dana Desa total Rp 34 miliar dibawa ke 12 titik di Yahukimo menggunakan pesawat carter.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

"Uang itu saya bawa langsung lewat pesawat, itu beratnya 750 kg. Ini saya bawa ke Distrik Anggruk. Dana Desa itu karena datang dari desa ke kota kan biayanya besar. Terus bapak kepala kampung tidak bawa ke tempat. Jadi uangnya habiskan di kota sehingga saya terbang ke sana 5 pesawat dengan sewa Rp 250 juta," urainya.

Ujung Tombak PAN di Papua

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berdukacita dan merasa kehilangan atas meninggalnya Abock Busup. Zulkifli menyebut Abock merupakan salah seorang kader terbaik PAN.

"PAN sekali lagi kehilangan salah satu kader terbaiknya. Telah berpulang kawan seperjuangan kami, Ketua DPW PAN Papua, mantan Bupati Yahukimo, Saudaraku Abock Busup, karena sakit," kata Zulkifli Hasan, Minggu (3/10).

Zulkifli mengaku mendengar kabar meninggalnya Abock Busup saat hendak melaksanakan bimbingan teknis untuk seluruh ketua DPW-DPD PAN dan anggota Dewan.

"Kabar duka ini datang saat kami hendak melaksanakan kegiatan Bimtek PAN bersama seluruh ketua DPW dan DPD serta anggota DPR RI, provinsi, hingga kota/kabupaten se-Indonesia," ungkap Zulhas.

Zulhas, begitu sapaan akrab Zulkifli, menyebut sejatinya gendak bertemu dengan Abock Busup di acara tersebut. Zulhas menyatakan PAN sangat berduka dengan kepergian Abock Busup. (jbr/idh)