Kapan Ganjil Genap Depok Diberlakukan? Ini Penjelasan Polisi

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 21:30 WIB
Kebijakan ganjil genap masih berlaku di sejumlah titik di DKI Jakarta, salah satunya Jl Jenderal Sudirman, Jakpus (Adhyasta/detikcom)
Ilustrasi Ganjil-Genap (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Polres Metro Depok berencana menerapkan kebijakan ganjil-genap di Jalan Margonda Raya. Kebijakan ganjil-genap ini rencananya akan diterapkan pada Sabtu dan Minggu pukul 10.00 WIB sampai 20.00 WIB dan diberlakukan untuk kendaraan roda empat.

Namun, kebijakan ganjil-genap di Kota Depok sampai saat ini belum berlaku. Kasatlantas Polres Metro Depok AKBP Andi Indra Waspada menjelaskan ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam persiapan ganjil-genap.

"Persiapannya baru sampai studi banding ke Polda Metro Jaya. Jadi pelaksanaan ganjil-genap ini kan ada tahapan tahapannya," kata Kasatlantas Polres Metro Depok AKBP Andi Indra Waspada saat dihubungi, Senin (4/10/2021).

"Mulai yang pertama pengkajian, kemudian rapat dengan dewan transportasi merumuskan ruas jalan mana yang akan dijadikan gage tadi," sambungnya.

Tahapan yang akan dilakukan oleh Polres Metro Depok selanjutnya adalah mengundang pelaku bisnis, tokoh masyarakat, dan warga sekitar untuk mensosialisasikan ruas jalan yang akan diterapkan ganjil-genap di Kota Depok.

"Ada tiga tahapan lagi yang akan kita lakukan. Yang pertama, nantinya rencana kita akan mengundang kepada seluruh pelaku bisnis, usaha yang ada di ruas jalan tersebut. Kemudian kita juga mengundang tokoh masyarakat dengan warga sekitar yang mana ruas jalan itu kita gunakan sebagai gage tadi," jelas Indra.

Selanjutnya, Indra menjelaskan tahapan terakhir dalam persiapan ganjil-genap adalah memaparkan rencana kegiatan ganjil-genap di Kota Depok kepada Wali Kota Depok

Ganjil-genap Kota Depok diterapkan mengingat Kota Depok masih berada di PPKM level 3 dan berkaitan dengan pembatasan kegiatan masyarakat.

"Kemudian terakhir kita harus memaparkan dulu kepada Walikota dulu tentang rencana kegiatan gage tadi," ungkap Indra.

"Intinya berangkat dari pemberlakuan PPKM level 3 dalam PPKM level 3 kan artinya berkaitan dengan pembatasan kegiatan masyarakat, maka dari situ kita mau melaksanakan kegiatan pemberlakuan ganjil dan genap tadi," tambahnya.

Simak video 'PPKM Diperpanjang, Jabodetabek Tetap Level 3':

[Gambas:Video 20detik]