Kondisi Lalin Jalan Margonda Depok yang Bakal Diuji Coba Ganjil Genap

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 19:24 WIB
Lalu lintas di Jalan Margonda Depok
Lalu lintas di Jalan Margonda Depok (Wilda Nufus/detikcom)
Depok -

Ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, akan diuji coba pada Oktober. Ganjil genap di Margonda diterapkan pada akhir pekan saja. Lalu seperti apa kondisi lalu lintas di Jalan Margonda Raya?

Pantauan detikcom, Kamis (23/9/2021) pukul 19.00 WIB, arus lalu lintas di Jalan Margonda Raya, Depok, tepatnya yang mengarah ke Pasar Minggu, Jakarta Selatan, terpantau lengang. Pengendara yang melintas ke arah Jakarta terlihat lancar.

Namun, berbeda di arah sebaliknya, tepatnya yang menuju Pancoranmas, terpantau penumpukan kendaraan. Terlihat sedikit kemacetan tapi lekas terurai.

Pergerakan pengendara yang melintas di Jalan Margonda Raya arah Sawangan cenderung lambat. Bunyi klakson dari pengendara motor tak terelakkan saat sedang menyalip.

Jalan Margonda Akan Diuji Coba Gage

Diketahui, Satlantas Polres Metro Depok akan melakukan uji coba ganjil-genap di sepanjang Jalan Margonda Raya pada Oktober mendatang.Ganjil-genap ini berlaku hanya saat akhir pekan (weekend).

"Pelaksanaan di hari weekend yang kepadatannya meningkat, Sabtu-Minggu," kata Kasat Lantas Polrestro Depok, AKBP Andi M Indra kepada wartawan, Kamis (23/9/2021).

Andi mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan survei kedua kali di sepanjang Jl Margonda Raya yang akan diberlakukan ganjil-genap. Ganjil-genap ini akan diuji coba mulai Oktober 2021.

"Nanti kita akan studi banding ke Polda Metro Jaya berkaitan mekanismenya. Diharapkan bulan Oktober uji coba 2 minggu," imbuhnya.

Andi menerangkan ganjil-genap ini terfokus di ruas Jalan Margonda sebelum flyover Universitas Indonesia sampai simpang Ramanda. Bagi kendaraan yang terkena ganjil-genap akan diputar ke Jalan Komjen Yasin.

"Ruas jalan dari Jaksel sebelum flyover UI, sampai Ramanda. Kalau sekarang ini kita start sebelum flyover, misal Sabtu ganjil, mau melintas situ genap, kita alih ke Komjen Yasin atau putar balik ke Jakarta Selatan. Memang kita sekarang fokusnya untuk alternatif ke Jalan Komjen Yasin," tuturnya.

(whn/mea)