Wah, Bungai Bangkai Tumbuh di Pekarangan Rumah Warga di Pamulang

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 11:07 WIB
Bunga bangkai ditemukan di pekarangan rumah warga di Pamulang Tangsel (Foto: Rakha/detikcom)
Bunga bangkai ditemukan di pekarangan rumah warga di Pamulang Tangsel (Rakha/detikcom)
Tangerang Selatan -

Sebuah bunga bangkai suweg mendadak viral di media sosial. Bunga bangkai suweg itu viral lantaran tumbuh di pekarangan rumah warga di Pamulang, Tangerang Selatan, tepatnya di Jalan Lurah, Kelurahan Pondok Benda.

Suwarsih (63), warga pemilik pekarangan mengatakan bunga bangkai suweg tersebut awalnya ditemukan pada Sabtu (2/10/2021) lalu. Dia pun terkejut saat pertama kali melihat bunga tersebut dalam kondisi mekar.

"Iya itu pas Sabtu kemarin lah (menemukan). Saya lagi jalan dekat pohon pisang terus ngelihat kok ada yang aneh. Mekar kaya gini ga biasa," ujar Suwarsih saat ditemui detikcom di kediamannya, Senin (4/10).

Suwarsih kemudian langsung memberi tahu suaminya terkait penemuan bunga yang menurutnya tak biasa itu. Tak lama, kabar mengenai bunga bangkai itu pun tersebar ke warga sekitar. Warga yang penasaran pun sontak langsung mendatangi pekarangan Suwarsih.

"Pas siangnya saya kasih tahu suami saya. Mungkin dikirim ke grup WA RT atau gimana, warga-warga ke sini pengen lihat," terang Suwarsih.

Suwarsih mengatakan bunga bangkai suweg tersebut kerap mengeluarkan aroma busuk saat malam hari. Rencananya bunga itu akan dirawatnya sambil menunggu bunga tersebut mekar sepenuhnya.

"Kalau malam itu baunya busuk gitu. Saya kira ada tikus mati atau gimana. Ternyata dari bunga itu. Ya paling saya tunggu aja sampai benar-benar mekar. Itu nanti jadinya kaya apa. Kan saya juga belum pernah lihat," papar Suwarsih.

Lebih lanjut, Suwarsih mengatakan satu bulan yang lalu sempat menanam suweg. Namun setelah lama berlalu, suweg itu hilang dan tak kunjung tumbuh. Tiba-tiba dia pun menemukan tanaman itu kini dalam kondisi mekar dan cantik.

"Sebulan yang lalu lah, suami saya itu nanam suweg. Tapi hilang enggak tumbuh-tumbuh. Eh tiba-tiba kemarin pas nemu ini udah bagus udah mekar kan," katanya.

Keponakan Suwarsih, Nurhayadi (39), menuturkan bunga tersebut mulanya tumbuh liar di pekarangan Suwarsih. Pada Minggu (3/10) lalu, dia pun memindahkan bunga bangkai tersebut ke dalam pot.

"Awalnya ya di situ di semak kan. Karena takut terinjak atau rusak sama anak-anak ya sudah saya pindahin saya angkut sampai akarnya ke pot," ucap Nurhayadi.

Pantauan detikcom di lokasi, bunga bangkai suweg itu tampak berada di pekarangan rumah warga yang juga ditumbuhi tanaman lain seperti pohon pisang, pohon mangga, dan talas. Bunga tersebut kini ditaruh dalam sebuah pot berwarna hitam dan dipagari dengan bambu.

Tampak bunga bangkai itu kini dalam kondisi belum mekar seutuhnya. Masih ada bagian bunga yang dalam kondisi kuncup.

Tonton Video: Warga Pantura Subang Temukan Bunga Bangkai di Kebun

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)