Detik-detik Massa Rusak Kantor Desa Bojong Koneng Imbas Sengketa Lahan

Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 03 Okt 2021 20:04 WIB
Kantor Desa Bojong Koneng Dirusak Massa
Kantor Desa Bojong Koneng Dirusak Massa (Foto: Yogi/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah massa merusak Kantor Desa Bojong Koneng di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Salah satu anggota Linmas bernama Syahrir menceritakan detik-detik perusakan kantor desa yang dilakukan oleh massa.

Syahrir menyebut peristiwa itu terjadi pada Sabtu (2/10) sekitar pukul 11.00 WIB, kemarin. Saat itu dia sedang berada di dalam ruangannya dan mendengar teriakan massa memanggil nama kepala desa.

"Jadi pada teriak-teriak nyari Pak Kades," kata Syahrir saat ditemui di Kantor Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Minggu (3/10/2021).

Syahrir kemudian keluar ruangannya, dan melihat massa sudah berkumpul. Dia tak tahu pasti jumlah massa saat itu, tapi melihat massa yang datang mencapai puluhan orang.

"Kurang tahu sih ya (jumlah pasti massa), banyak tapi puluhan ada," ucapnya.

Syharir menceritakan massa yang datang lalu memecahkan kaca di halaman depan gedung. Dua buah kaca di sudut kanan dan kiri pintu masuk kantor Desa Bojong Koneng dirusak oleh massa.

Saat terjadi aksi perusakan, di kantor desa hanya sedang ada kegiatan ibu-ibu posyandu. Usai kondisi semakin tidak terkendali, Syahrir lalu bergegas keluar dari gedung. Dia hanya mendengar teriakan dari ibu-ibu posyandu yang ketakutan dengan kedatangan massa.

"Ibu-ibu pada teriak. Jangankan ibu-ibu saya juga takut," ujar Syahrir.

Dia tidak mengetahui sampai kapan massa melakukan perusakan di Kantor Desa Bojong Koneng. Syahrir mengaku langsung menyelamatkan diri melihat amukan massa yang sudah tidak terkendali.

"Saya kurang tahu orang saya langsung keluar ya. Ngeri kan," katanya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: