Round-Up

Viral Protes Sopir Truk Berujung Pemilik Mobil Tangki Siluman Dibekuk

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Okt 2021 20:47 WIB
Screenshot viral mobil bertangki modifikasi diprotes saat isi BBM di Sumsel (dok. Istimewa)
Screenshot viral mobil bertangki modifikasi diprotes saat isi BBM di Sumsel (Foto: dok. Istimewa)
Palembang -

Seorang sopir truk menodongkan ponselnya di area SPBU di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan (Sumsel). Dia memprotes karena ada sebuah mobil bertangki siluman sedang menyedot BBM.

Dia protes karena ditolak saat akan mengisi solar, sementara ada pihak lain yang mengisi solar hingga jutaan rupiah.

"Terjadi di SPBU di daerah Muara Rupit, saya mau ngisi solar Rp 400 ribu ditolak, tidak dibolehkan, sedangkan mobil lain boleh, bahkan sampai juta-jutaan," kata perekam video.

Pria yang mengaku sebagai sopir truk ekspedisi itu tidak terima atas tindakan pihak SPBU. Dia mengeluh kenapa mobil dengan tangki modifikasi boleh mengisi BBM jenis solar lebih banyak dari truknya.

Video tersebut viral. Polisi pun bertindak.

Pemilik mobil dengan tangki modifikasi yang sempat melakukan pengisian BBM jenis solar di Musi Rawas Utara, Sumsel, diamankan polisi. Selain itu, barang bukti mobil juga ikut diamankan.Pemilik mobil dengan tangki modifikasi yang sempat melakukan pengisian BBM jenis solar di Musi Rawas Utara, Sumsel, diamankan polisi. Selain itu, barang bukti mobil juga ikut diamankan. (Foto: Istimewa)

Pemilik Mobil Diamankan

Pemilik mobil bertangki siluman itu telah diamankan polisi. Mobil bertangki modifikasi yang dipakai untuk menyedot BBM juga diamankan.

"Sudah diamankan mobil dan pemiliknya, karena diduga melakukan penimbunan BBM jenis solar menggunakan mobil yang tangkinya sudah dimodifikasi," kata Wadirreskrimsus Polda Sumsel AKBP Ferry Harahap saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (2/9/2021).

Polisi berjanji akan serius menangani dugaan kasus ini. Dia menegaskan peristiwa pada video viral itu merupakan tindakan menyimpang dan membahayakan warga di sekitar SPBU.

"Ini harus ditindak tegas karena melakukan penyimpangan BBM subsidi terutama akan dijual lagi ke tempat-tempat produksi yang tidak tepat sasaran, kami segera selidiki," kata Ferry.

Polisi menjelaskan mobil minibus bertangki modifikasi beserta pemiliknya seorang wanita inisial SA (45) diamankan Jumat (1/10) sekitar pukul 22.00 WIB. Di mana menurut polisi kejadian itu terjadi di SPBU Rupit, Desa Muara Rupit, Kecamatan Rupit, pada Kamis (30/9) pukul 10.00 WIB.

"Diamankannya tadi malam," kata Kapolres Muratara AKBP Eko Sumaryanto.

Pemilik mobil, SA, hingga saat ini masih diperiksa intensif di Mapolres Muratara atas dugaan tindak pidana yang dilakukannya. Polisi juga masih terus menyelidiki kasus ini, termasuk mengumpulkan semua barang bukti dan memastikan pelat nomor mobil yang berbeda.

"Saat ini SA masih kita periksa, belum ditetapkan tersangka, kami masih mengklarifikasi, mengumpulkan bukti-bukti lainnya," kata Kasat Reskrim Polres Muratara AKP Dedi Rahmad.

Polres Muratara akan memeriksa lebih lanjut untuk mengungkap dugaan penimbunan BBM subsidi ini dengan memeriksa pihak SPBU dan Pertamina.

"Masih kami periksa, Senin (4/10) jadwalnya SPBU Rupit dan selanjutnya pihak Pertamina," jelas Dedi.

Simak video 'Geger di SPBU, Mobil Penumpang Bertangki 'Siluman' Antre Isi BBM':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.