Mobil Bertangki Siluman Isi BBM di SPBU di Sumsel, Pertamina Buka Suara

Prima Syahbana - detikNews
Sabtu, 02 Okt 2021 19:50 WIB
Video mobil menyedot BBM menggunakan tangki modifikasi di Sumsel viral. Pemilik mobil bertangki siluman itu telah diamankan polisi. (dok Istimewa)
Video mobil menyedot BBM menggunakan tangki modifikasi di Sumsel viral. Pemilik mobil bertangki siluman itu telah diamankan polisi. (Foto: dok. Istimewa)
Palembang -

SPBU yang melakukan pengisian BBM jenis solar ke mobil dengan tangki modifikasi di Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan, akan diperiksa polisi. Pertamina mengatakan pihaknya menyerahkan kasus ini kepada polisi.

"Kasus ini kan sudah diamankan aparat penegak hukum, masuk ranah hukum. Kita ikuti prosesnya," kata Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Sumbagsel Umar Ibnu Hasan ketika dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (2/10/2021).

Menurutnya, SPBU merupakan suatu perusahaan waralaba. Karena itu, pihaknya masih menunggu kepastian hukum dari kepolisian. Termasuk tindakan apa yang nantinya akan diberikan kepada pengelolanya.

"SPBU kan waralaba. Menunggu keputusan aparat penegak hukum. Kan ada hasilnya nanti. Pertamina selaku badan usaha, ikut aturan dan hukum yang berlaku," katanya.

Pertamina, menurutnya, tentu tidak akan melakukan pembiaran dan akan memberikan sanksi apabila SPBU tersebut memang terbukti melanggar atau tidak mematuhi SOP pengisian bahan bakar yang sudah ditetapkan.

"Kalau soal pelanggaran SOP itu, case by case dia. Karena kaitannya dengan hubungan usaha. Dimulai dari sanksi administratif yang paling ringan. Kalau masuk ranah hukum, kita tunggu prosesnya berjalan," jelas Umar.

Sebelumnya, polisi sudah mengamankan pemilik mobil tangki siluman yang viral diduga melakukan penimbunan BBM subsidi jenis biosolar.

"Sudah diamankan mobil dan pemiliknya, karena diduga melakukan penimbunan BBM jenis solar menggunakan mobil yang tangkinya sudah dimodifikasi," tegas Wadirreskrimsus Polda Sumsel AKBP Ferry Harahap saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (2/9).

Tonton video 'Geger di SPBU, Mobil Penumpang Bertangki 'Siluman' Antre Isi BBM':

[Gambas:Video 20detik]