Polisi Tangkap Admin Akun IG yang Kerap Provokasi Tawuran di Tebet

Firda Cynthia - detikNews
Jumat, 01 Okt 2021 17:42 WIB
Polisi tangkap admin Instagram yang kerap provokasi tawuran di Tebet (dok.istimewa)
Polisi tangkap admin akun Instagram yang kerap provokasi tawuran di Tebet (dok. istimewa)
Jakarta -

Polsek Tebet mengungkap kasus tawuran yang dipicu aksi saling tantang di media sosial. Tidak hanya pelaku tawuran, polisi juga menangkap admin Instagram @mentengdalamofficial yang kerap memprovokasi hingga mengajak tawuran di media sosial.

Kapolsek Tebet Kompol Alexander Yurikho menjelaskan kasus ini terungkap setelah polisi melakukan patroli siber. Patroli di dunia maya dilakukan sebagai upaya pencegahan (preventive strike) aksi tawuran yang kerap terjadi di kawasan Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan.

"Kami ketahui mereka berkomunikasi atau saling tantang dengan memanfaatkan media sosial yang ada, yakni Instagram. Alhamdulillah Tim Siber Unit Reskrim Polsek Tebet berhasil menemukan indikasi tersebut," jelas Alexander kepada wartawan di kantornya, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (1/10/2021).

Dengan terungkapnya admin Instagram tawuran ini, Alexander menyatakan pihaknya berhasil mencegah aksi tawuran.

"Ini adalah salah satu gambaran Instagram @mentengdalamofficial," ucap Alex.

Alex mengungkapkan akun Instagram @mentengdalamofficial ini kerap memicu dan memprovokasi untuk tawuran. Seorang admin berinisial ENP (26) ditangkap polisi.

"Kami berhasil mengidentifikasi siapa yang menjadi admin atau trigger dari tawuran yang ajak mengajak, saling tantang di medsos atas nama ENP," imbuhnya.

Selain ENP, polisi menangkap 2 pelaku lainnya yang berusia 15 dan 16 tahun. Keduanya ditangkap karena kepemilikan senjata tajam.

Selanjutnya, polisi juga mengamankan 14 anak berhadapan dengan hukum pelaku tawuran. Mereka ditangkap atas aksi tawuran di Jl Bukit Duri Tanjakan, Tebet, Jaksel, pada Kamis (30/9). malam.

"Dari total kejadian dua tawuran ini kami amankan 14 orang," tuturnya.

Untuk 14 anak tersebut, polisi berkoordinasi dengan BAPAS. Sedangkan 3 pelaku lainnya, yakni ENP dan 2 pemegang senjata tajam, diproses sesuai hukum.

Simak juga Video: Tawuran Antarkelompok Warga di Makassar, 1 Motor Dibakar

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)