Jokowi Sempat Panggil Menko Muhadjir, Ada Apa?

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 01 Okt 2021 13:32 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: dok. Humas Kemenko PMK)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat memanggil Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy beberapa waktu lalu. Apa yang dibahas dalam pertemuan tersebut?

"Arahan soal pendidikan vokasi," kata Muhadjir kepada wartawan, Jumat (1/10/2021).

Muhadjir tak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai arahan Jokowi tentang pendidikan vokasi tersebut. Saat ini Muhadjir sedang berada di Papua untuk menghadiri pembukaan PON XX.

Pemanggilan Muhadjir dilakukan di tengah desas-desus reshuffle kabinet Jokowi. Wacana kocok ulang kabinet semakin santer setelah PAN resmi bergabung ke parpol koalisi pendukung Jokowi.

Perihal isu reshuffle ini, juru bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, menegaskan hal itu merupakan hak prerogatif Presiden. Menurut Fadjroel, saat ini para menteri fokus terhadap satu hal, yakni mengatasi pandemi COVID-19.

"Kalau ada reshuffle, tentu Presiden sendiri yang mengumumkan, karena hak prerogatif Presiden," sebut Fadjroel saat dimintai konfirmasi.

Informasi mengenai reshuffle kabinet ini santer di kalangan parpol pendukung Jokowi. Ketua DPP PKB Faisol Riza menyebut reshuffle bakal dilakukan bulan ini.

"Bulan depan," kata Faisol saat dihubungi, Rabu (29/9/2021). Faisol menjawab pertanyaan perihal kabar reshuffle kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

Faisol pernah juga mengungkapkan informasi soal reshuffle pada pengujung 2020. Ketika itu, informasi dari Faisol soal jumlah dan posisi menteri yang di-reshuffle cukup akurat.

Soal reshuffle kali ini kabarnya sudah pada tahap finalisasi. PAN kabarnya sudah menyepakati satu kursi menteri yang ditawarkan, namun belum sepakat soal tokoh yang akan menduduki kursi tersebut. Satu kursi lagi yang ditawarkan masih dalam pertimbangan partai berlambang matahari putih itu, yaitu di antara kursi wakil menteri atau kepala badan.

Lihat juga video 'Langkah Extraordinary Ala Menko Muhadjir Lawan Stunting':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/tor)