Cegah Banjir, Pemkot Jaksel Keruk Kali Krukut Jalan Gatsu-Sudirman

Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 10:37 WIB
Penampakan Kali Krukut di Jalan Gatot Soebroto
Foto: Penampakan Kali Krukut di Jalan Gatot Soebroto (Firda-detik)
Jakarta -

Pemernitah Kota Jakarta Selatan melakukan kegiatan 'gerebek lumpur' di Kali Krukut di segmen Jalan Gatot Subroto sampai Jalan Sudirman. Ini adalah kegiatan pengerukan lumpur di kali guna menanggulangi banjir di Jakarta.

Pantauan detikcom di lokasi, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pukul 07.30 WIB, pihak Pemkot dan unit kerja perangkat daerah (UKPD) yang berkaitan dengan pengerukan kali telah menyambangi Kali Krukut. Tampak puluhan personil yang dikerahkan dari berbagai sudin bersiaga.

Selain itu, satu mobil dump truck milik Sudin Kehutanan dan unit Alkal Dinas SDA berjejer di lokasi pada pagi itu.

Kepala Sudin (Kasudin) Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan, Mustajab menjelaskan bahwa panjang Kali Krukut segmen Jalan Gatot Subroto-Jalan Sudirman berukuran sepanjang 1,2 km. Sementara, kata dia, volume pengerukan ditargetkan sebesar 5.330 m3.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pelebaran lahan kali sebanyak sekitar tiga meter.

"Jadi nanti lebar (kali) di bawah delapan meter, dan lebar atas 12 meter. Kita ingin kejadian (banjir besar) Februari kemarin jangan terulang lagi," ujar Mustajab saat ditemui di Jalan Gatot Subroto, Jaksel, Kamis (30/9/2021).

Sementara itu, Sekretaris Kota Jakarta Selatan, Munjirin mengatakan kegiatan ini dilakukan dua hari yakni mulai Kamis (30/9) hingga Jumat (31/9). Sejumlah kali di wilayah Jaksel juga sudah dikeruk.

"Kita mulai (pengerukan kali) dari minggu-minggu yang lalu, di daerah Mabes Polri kemudian di Pancoran. Sekarang yang agak skala besar itu di Kali Krukut," kata Munjirin.

Ia mengatakan bahwa Kali Krukut telah mengalami pendangkalan sehingga harus dikeruk kembali. Menurutnya, pengerukan lumpur di Kali Krukut bertujuan mengantisipasi banjir besar, terutama di daerah rawan banjir seperti Mampang, Jakarta Selatan.

"Mengurangi banjir, kan. Aliran Kali Krukut ini kan atasnya itu daerah Kemang dan sekitarnya yang tahun lalu banjir besar," lanjut dia.

Simak juga 'Fenomena Sirkulasi Siklonik Terpantau di Wilayah Laut Natuna':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)