Polisi Hati-hati Tentukan Status Kalapas Tangerang di Kasus Kebakaran

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 13:21 WIB
Jakarta -

Polisi telah menetapkan enam tersangka dalam kasus kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang. Namun, dari enam tersangka itu, tidak ada nama Kalapas Tangerang Victor Teguh Prihartono.

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan pihaknya telah melakukan penyelidikan dan penyidikan kasus itu sesuai prosedur. Penetapan enam tersangka itu dilakukan setelah polisi mengantongi minimal dua alat bukti.

"Menetapkan tersangka harus sesuai alat bukti dan kapasitas," kata Tubagus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Hari ini penyidik telah menetapkan tiga tersangka baru kasus kebakaran Lapas Tangerang inisial JMN, PBB, hingga RS. Ketiganya masing-masing merupakan narapidana, petugas Lapas Tangerang, dan Kasubag Umum Lapas Tangerang.

Ketiganya ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan pelanggaran Pasal 188 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan kebakaran. Hasil penyidikan mengungkap ketiganya masing-masing berperan dalam menyebabkan kebakaran di Lapas Tangerang.

Tersangka Pejabat di Bawah Kalapas

Menurut Tubagus, meski salah satu tersangka baru dari kasus tersebut merupakan bawahan Kalapas Tangerang, hasil penyidikan belum menemukan indikasi adanya kelalaian yang dilakukan oleh Kalapas.

"Di bawah Kalapas ada tugas panjang ke bawah dan itu menyangkut SOP," terang Tubagus.

"Kami sangat hati-hati tetapkan orang sebagai tersangka sebelum dibuktikan dari wujud organisasinya dan wujud pertanggungjawabannya. Kami nggak main-main karena ini menyangkut hukum," tambahnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya