Round-Up

Kisah Pedagang 3 Tahun Nabung Recehan demi Beli Mobil Impian

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 20:37 WIB
Pria di Makassar beli mobil pakai uang koin.
Pria di Makassar membeli mobil memakai koin. (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Hemat pangkal kaya. Peribahasa ini begitu mewujud pada Asriadin Syamsuddin.

Koin demi koin ia kumpulkan hingga dapat membeli mobil impiannya. Recehan itu dikumpulkan dalam waktu 3 tahun.

Kisah pria asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), ini ramai dibagikan di media sosial. Mobil impian seharga Rp 271 juta ditebusnya menggunakan uang koin.

Asriadin membawa uang koin dalam 9 galon itu ke dealer. Tabungan tersebut dikumpulkan dari hasil penjualan sembilan bahan pokok (sembako) yang disebutnya barang campuran.

Pria di Makassar beli mobil pakai uang koin.Asriadin membawa uang koin dalam 9 galon itu ke dealer. (Ibnu Munsir/detikcom)

"Kerja saya jual-jualan campuran ya, saya beli mobil untuk menunjang usahalah ya. Usaha saya memang menjual barang campuran. Jadi begitu," kata Asriadin saat ditemui di salah satu dealer mobil di kawasan Cokroaminoto, Makassar, Selasa (28/9/2021).

Optimisme ditanamkan dalam dirinya soal akan mempunyai mobil impian. Betul saja, tabungan cukup untuk membeli mobil.

"Setidaknya saya bisa (beli mobil). Kalau orang lain bisa, saya juga pasti bisa," katanya.

Uang koin di dalam 9 galon itu dikumpulkan Asriadin selama 3 tahun, yang merupakan hasil usahanya berjualan barang campuran alias sembako.

"Ini Rp 160 juta, ini uang koin sama kertas, pecahan Rp 500 sama Rp 1.000. Total Rp 160 juta lebih ini. Saya menabung 3 tahun ini. Saya tabung ini mulai menjual, saya mulai menabung mulai tanggal 22 bulan 9 tahun 2018," ujarnya.

Uang koin yang dimasukkannya ke dalam galon itu dihitung ulang oleh petugas dealer mobil. Dia membeli mobil Toyota Rush seharga Rp 271 juta secara tunai.

Sebelum menyerahkan uang koin senilai Rp 160 juta, Asriadin lebih dulu memberikan uang muka untuk pembelian mobil seharga Rp 271 juta tersebut.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Naik Grab Sambil Nabung untuk Tanam Pohon Lewat Fitur Baru Ini!

[Gambas:Video 20detik]