Dewan Pendidikan Makassar Minta PTM Segera Digelar, Ada Desakan Wali Murid

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 19:59 WIB
Focus group discussion (FGD) Dewan Pendidikan Makassar dengan Wawali Fatmawati Rusdi terkait kesiapan PTM. (dok. Istimewa)
Foto: Focus group discussion (FGD) Dewan Pendidikan Makassar dengan Wawali Fatmawati Rusdi terkait kesiapan PTM. (dok. Istimewa)
Makassar -

Dewan Pendidikan Kota Makassar meminta Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny' Pomanto segera menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2. Ada desakan orang tua yang meminta PTM segera digelar.

"Selama ini desakan untuk pembelajaran tatap muka untuk segera dilakukan datang dari orang tua siswa. Berbagai macam aspirasi yang telah disampaikan tentang sekolah lewat daring," ujar Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar Rudianto Lallo di Makassar, Selasa (28/9/2021).

Laporan orang tua siswa ke Dewan Pendidikan Makassar mengungkapkan kualitas pendidikan anak yang menurun selama kurang-lebih 2 tahun pembelajaran daring akibat pandemi COVID-19. Hal ini dinilai membahayakan jika PTM tidak segera digelar.

"Bahkan ada siswa yang belum mampu baca-tulis. Pada intinya ada kemunduran kualitas pendidikan kita selama ini, sehingga tidak ada lagi alasan daring diteruskan, apalagi Kota Makassar sudah turun dari level IV ke ke II," tegas Rudi.

Rudi, yang juga Ketua DPRD Kota Makassar, lantas menyinggung sistem pembelajaran daring yang selama ini kurang maksimal memberikan pelajaran kepada siswa di rumah.

"Dikhawatirkan sekolah daring yang masih dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar bukan menjadi solusi dalam mencerdaskan peserta didik, melainkan menambah daftar anak yang putus sekolah," tuturnya.

Tak hanya itu, dia juga khawatir anak-anak semakin nyaman berada di rumah dan semakin enggan mengikuti proses belajar di sekolah. Sebab, terlalu lama mengikuti proses belajar secara daring.

"Ini juga (sekolah daring) bisa dipersepsikan sebagai libur panjang yang bisa menambah anak putus sekolah karena keterbiasaan di rumah," pungkasnya.

Dewan Pendidikan Kota Makassar telah menyusun model PTM di tengah pandemi COVID-19 dan telah diserahkan ke Pemkot Makassar melalui Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi. Model PTM itu di antaranya skema yang mengatur soal 50 persen siswa mengikuti PTM di kelas dan 50 persen lainnya mengikuti pembelajaran secara daring.

Fatmawati Rusdi menyebut pihaknya akan memulai PTM pada awal Oktober mendatang, yang diawali dengan uji coba di beberapa sekolah.

"Ada 30 sekolah yang disiapkan untuk uji coba sekolah tatap muka ini. Dinas Pendidikan sedang melakukan update verifikasi persiapan sekolah untuk penyelenggaraan pembelajaran tatap muka ini," kata Fatma.

(hmw/nvl)