Duduk Perkara Kasus Mafia Tanah Ibu Dino Patti Djalal hingga Vonis 5 Terdakwa

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 12:14 WIB
Gedung PN Jaksel
Gedung PN Jaksel (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Satu per satu anggota kasus mafia tanah ibu Dino Patti Djalal, Zurni Hasyim Djalal, divonis bersalah. Kali ini NK (48) yang dinyatakan bersalah dan dihukum 3,5 tahun penjara.

Hukuman itu tertuang dalam putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) yang dilansir dari website-nya, Selasa (28/9/2021). Bagaimana duduk masalah dan vonis kepada komplotan ini? Berikut garis besarnya:

Apa yang Disengketakan?

Sengketa itu adalah sebuah rumah di Kompleks Executive Paradise Cilandak Barat yang dimiliki ibu Dinno, Zurni Hasyim Djalal. Tanah yang disengketakan seluas 751 m2.

Karena Zurni sering di luar negeri, Sertipikat Hak Milik (SHM) rumah itu dipercayakan atas nama keluarga dekatnya, Yurmisnawita.

Bagaimana Kasus Ini Bermula?

Pada Oktober 2019, Zurni mau menjual rumahnya tersebut. Zurni menyuruh orang untuk dicarikan pembeli. Lalu FK berminat membeli rumah itu.

Bagaimana SHM Bisa Berpindah Tangan?

Pada November 2019, Zurni bertemu dengan calon pembeli, FK dan disepakati harga Rp 13 miliar. Untuk uang muka Rp 2 miliar dan sisanya Rp 11 miliar akan dibayar secara bertahap. Sebagai tanda jadi, FK mentransfer Rp 500 juta ke rekening Zurni.

Sebagai imbal baliknya, FK meminta SHM atas nama Yurmisnawita dengan alasan untuk dicek ke BPN. Zurni tidak curiga dan menyerahkan SHM itu ke FK.

Diapakan SHM atas nama Yurmisnawita?

FK menggunakan SHM atas nama Yurmisnawita untuk meminjam di sebuah koperasi di Marina, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. FK membuat drama seolah-olah ada yang berperan sebagai Yurmisnawati dan suaminya. Sejumlah dokumen sudah dipalsukan terlebih dahulu. Uang hasil pinjaman itu kemudian dibagi antara komplotan itu, yaitu:

1. FK mendapatkan Rp 2,3 miliar.
2. LM mendapatkan Rp 600 juta.
3. YP mendapatkan Rp 60 juta.
4. AN mendapatkan Rp 10 juta.
5. AG mendapatkan Rp 20 juta.

Simak video 'Terlibat Mafia Tanah Ibu Dino Patti Djalal, Fredy Kusnadi Jadi Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]