Tipu PNS Puluhan Juta-Janjikan Mobil BMW, Pria di Bali Ditangkap

Sui Suadnyana - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 22:07 WIB
Pria di Bali diamankan karena kasus penipuan
Pria di Bali diamankan karena kasus penipuan (Foto: dok. Istimewa)

Setelah mengantongi identitas pelaku, tim melakukan pencarian ke berbagai tempat yang dicurigai menjadi lokasi persembunyian pelaku. Namun menurut informasi dari berbagai saksi, pelaku kabur ke daerah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Namun tim akhirnya berhasil mengamankan pelaku di rumah istrinya di daerah Pemogan pada tanggal 22 September 2021. Setelah dilakukan pencarian barang bukti, pelaku akhirnya diamankan ke Polsek Kuta guna proses lebih lanjut.

"Pelaku mengakui perbuatannya, menawarkan satu unit mobil BMW seri 320I kepada korban. Namun mobil tersebut bukanlah miliknya pelaku. Pelaku mengaku mendapatkan uang korban sebanyak Rp 35 juta," jelas Yudistira.

"Pelaku mengaku dialah yang mengambil mobil KIA Rio yang diparkir di basement Hotel Grand Zuri tanpa pemberitahuan ke korban," imbuhnya.

Yudistira mengatakan, uang didapatkan pelaku digunakan untuk membuat kunci cadangan mobil KIA Rio di daerah Jimbaran. Uang itu juga digunakan untuk membeli baju, membeli ponsel, membeli sepatu, bayar cicilan motor, diberikan istri dan mertua serta biaya hidup selama pelatihan ke Lombok dan Banyuwangi.

Polisi pun berhasil mengamankan sejumlah barang bukti atas kejahatan pelaku. Barang bukti itu berupa satu unit kunci duplikat mobil KIA Rio, satu buah ponsel warna Biru, satu pasang sepatu kets, dua buah baju kemeja dan dua buah baju kaos.

Kini pelaku dijerat dengan Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara.


(lir/lir)