Airlangga Hartarto Merapat ke DPP Golkar Bahas Internal Partai

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 20:07 WIB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merapat ke DPP Partai Golkar. Airlangga merapat ke DPP Partai Golkar salah satunya untuk membahas internal partai.

Airlangga Hartarto tiba di DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Slipi, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021), sekitar pukul 19.09 WIB. Saat tiba, Airlangga disambut Waketum Nurul Arifin dan Bendum Dito Ganindito.

Di awal kedatangan, Airlangga menjelaskan agenda rapat pengurus Partai Golkar hari ini membahas RUU KUP dan jadwal Pemilu 2024. Selain rapat, membahas internal partai.

"Berikut tentu terkait dengan internal dalam rangka itu tentu ada persiapan fungsionaris di Partai Golkar ini ada daerah yang menarik, yaitu Nusa Tenggara Timur, yang berinisiatif sendiri untuk melengkapi fungsionaris pileg, pilkada, baik tingkat satu sampai dengan tingkat dua. Nah ini mungkin kita akan bahas supaya direplikasi di daerah lain," kata Airlangga.

"Nah, ada juga yang menarik di Sumut, nah itu sudah mempunyai database yang cukup dan ini juga mau kita replikasi secara nasional. Nah yang seperti ini masukan daerah yang akan kita dorong," imbuhnya.

Airlangga juga menjelaskan bahwa rapat pengurus Partai Golkar malam ini membahas kader partai yang mengisi jabatan di pemerintahan. Serta membahas jabatan di DPP Golkar yang kosong.

"Berikut, beberapa waktu yang lalu, tokoh Golkar ditarik, ada yang menjadi dubes, kemudian yang lain, nah ini jabatan lowongnya belum diisi. Jadi sekalian diisi," ujarnya.

Airlangga juga mengatakan rapat kali ini membahas HUT Partai Golkar pada 20 Oktober nanti. HUT Golkar tahun ini, kata Airlangga, bertepatan dengan Maulid Nabi.

Ketika ditanyakan apakah rapat membahas jabatan Azis Syamsuddin, Airlangga kemudian masuk ke dalam DPP Partai Golkar. Airlangga tak menjawab apakah rapat juga membahas Azis Syamsuddin.

Dua nama kader Partai Golkar sebelumnya santer dikabarkan akan naik jabatan di partai mau pun DPR RI terkait pengunduran diri Azis Syamsuddin. DPP Partai Golkar dijadwalkan menggelar rapat pleno malam ini menentukan hasil pengganti Azis Syamsuddin.

Dua nama yang bakal naik jabatan itu adalah Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus dan Ketua DPP Adies Kadir. Lodewijk dikabarkan naik jabatan dari anggota DPR menjadi Wakil Ketua DPR RI. Adies Kadir dikabarkan akan naik jabatan jadi Waketum Partai Golkar bidang politik, hukum, dan HAM.

"Jadi rencananya baru malam ini itu ada rapat pleno DPP Partai Golkar untuk memutuskan calon yang ditunjuk oleh Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk mengganti saudara Azis Syamsudin," kata Adies Kadir di kompleks parlemen, Senin (27/9).

(rfs/idn)