Saksi dari Polri Ungkap Awal Mula Perkenalan Azis Syamsuddin-AKP Robin

Zunita Putri - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 18:03 WIB
Kursi terdakwa di pengadilan
Ilustrasi persidangan. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Saksi bernama Agus Supriadi mengungkapkan awal pertemuan mantan penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju, dengan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Agus mengatakan pertemuan terjadi karena ada keinginan Azis Syamsuddin meminta dikenalkan ke penyidik KPK.

AKP Agus Supriadi merupakan anggota Polri yang bertugas sebagai Wakasatreskrim Polrestabes Semarang. Agus sempat bertugas sebagai Kasatreskrim Polres Brebes Juli 2020-Maret 2021 dan pada Februari 2020 dia ada di Direktorat Cyber Crime di Polda Jateng.

Awalnya, Agus mengaku mengenal Robin saat masa pendidikan. Saat itu, Robin tingkat II, sedangkan Agus ada di tingkat III. Hubungan mereka terus berlanjut hingga Robin menjadi penyidik KPK.

Agus mengatakan dia lebih dulu mengenal Azis Syamsuddin dibanding AKP Robin. Awal pertemuan mereka terjadi di Papua ketika Agus mengawal Azis selaku Ketua Komisi III DPR melakukan kunjungan kerja. Dari situ, keduanya saling bertukar nomor ponsel.

Setelah bertukar nomor ponsel, Azis Syamsuddin dan Agus Supriadi makin akrab. Agus juga beberapa kali mengunjungi rumah Azis. Agus mengatakan dia pernah berkunjung ke rumah Azis pada 2019 dan saat itulah Azis bertanya apakah dirinya memiliki kenalan di KPK.

"Apakah Saudara saat berkunjung pernah ditanya Pak Azis 'Apa Saudara punya rekan di KPK'?" tanya jaksa KPK Wahyu Dwi Oktafianto dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Senin (27/9/2021).

"Ya betul, beliau sempat tanyakan itu di 2019 itu. Kalau saya nggak lupa, beliau sampaikan 'apakah ada teman di KPK', setelah itu alihkan pembicaraan yang lain nanya keluarga, yang bersangkutan nggak minta juga dikenalkan. Saya bilang ada pak, dan beliau nggak tanya lagi," jawab Agus.

Agus mengaku Azis hanya sebatas bertanya dan tidak meminta dikenalkan ke penyidik KPK. Namun, Agus mengatakan dia menindaklanjuti pertanyaan Azis Syamsuddin dengan mencari penyidik KPK yang setuju untuk dipertemukan dengan Azis.

Dia mengatakan awalnya bukan Robin yang hendak dikenalkan ke Azis, tetapi penyidik KPK lainnya yang juga dari Polri bernama Soni dan Bisma. Namun karena Soni dan Bisma mengaku sibuk, Agus mencari orang lain untuk dipertemukan ke Azis.

"Apakah Saudara sampaikan ke Soni dan Bisma ingin ketemukan saudaranya Saudara?" tanya jaksa.

"Iya, beliau waktu itu sampaikan 'saya masih sibuk'," jawab Agus.