NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional, Ini Cara Cek dan Manfaatnya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 13:11 WIB
NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional, Ini Serba-serbinya
NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional, Ini Serba-serbinya -- ilustrasi (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

NISN adalah kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional. NISN berguna sebagai kode pengenal identitas siswa di Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, NISN diberikan kepada siswa yang sekolahnya memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), yang terdaftar di Kemdikbud. Adapun sistem pengelolaan NISN dilakukan secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud.

Pemberian kode identifikasi nantinya dilakukan oleh PDSPK. Kode ini akan ditampilkan secara terbuka melalui situs NISN, yakni http://nisn.data.kemdikbud.go.id.

Sebagai kode identitas siswa, NISN mempunyai banyak manfaat dan tujuan. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

NISN Adalah: Simak Manfaat dan Tujuan NISN

Pengertian NISN adalah kode pengenal antar siswa yang juga dapat digunakan pada sekolah Indonesia di luar negeri. Lantas, apa saja manfaat NISN?

Merujuk laman NISN Kemdikbud, manfaat dan tujuan NISN cukup beragam, beberapa di antaranya:

  1. Secara standar, konsisten dan berkesinambungan dapat mengidentifikasi peserta didik di seluruh wilayah Indonesia
  2. Bagi unit kerja di Kemdikbud, Dinas Pendidikan Daerah hinga sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel, NISN berperan sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online.
  3. NISN sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembang sekaligus penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan maupun program pendidikan yang lain di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten, hingga sekolah seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional (UN), PIP serta SNMPTN.

Setelah tahu NISN adalah apa artinya, informasi berikutnya yang perlu diketahui adalah soal cara cek NISN. Cek di halaman berikutnya ya!