Polisi Ungkap Motif Pria Serang Ustaz di Batam: Tak Suka Ceramah Agama

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 13:01 WIB
Detik-detik Ustaz di Batam Diserang Orang Tak Dikenal saat Ceramah
Detik-detik ustaz diserang saat ceramah di Batam. (Foto: 20Detik)
Pekanbaru -

Pria yang menyerang Ustaz Abu Syahid Chaniago ketika berceramah di Batam, Kepulauan Riau, telah ditetapkan sebagai tersangka. Polisi menyebut tersangka berinisial H itu diduga menyerang ustaz karena tak menyukai ceramah keagamaan.

"Proses hukum tetap lanjut. Alasan, motif pemukulan karena pelaku H ini tidak suka ceramah keagamaan," kata Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Harry Goldenhardt, kepada wartawan, Senin (27/9/2021).

H diduga sengaja menuju Masjid Baitusyayakur Batu Ampat. Harry menyebut H kemudian menyerang ustaz yang sedang berceramah.

"Pelaku masih ditahan. Masalah perilakunya adalah dokter kejiwaan yang menentukan. Tapi itulah fakta-fakta hasil pemeriksaan di Polresta Barelang, saksi-saksi ahli, dokter ahli kejiwaan telah diperiksa," ujarnya.

Sebelumnya, polisi telah memeriksa kejiwaan H. Pemeriksaan dilakukan setelah pelaku diamankan warga dan jemaah masjid.

Dilihat dari video yang diterima detikcom, Senin (20/9), penyerangan terjadi saat Ustaz Chaniago mengisi ceramah di Masjid Baitusyayakur, Batu Ampar, Batam.

H tiba-tiba menyerang dari sisi kanan ustaz tersebut. Sedangkan dalam video lainnya, H tampak diamankan jemaah dan terus melawan.

Pelaku kemudian diserahkan ke Mapolsek Batu Ampar. Selanjutnya, kasus dilimpahkan ke Polresta Barelang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Simak video 'Detik-detik Ustaz di Batam Diserang Orang Tak Dikenal saat Ceramah':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)