KPK Jelaskan Nasib Kasus Lampung Tengah yang Diduga Libatkan Azis Syamsuddin

Faiz Iqbal Maulid - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 15:48 WIB
Wakil Ketua DPR Fraksi Golkar Azis Syamsuddin mengenakan baju tahanan berjalan menuju mobil tahana  di Gedung KPK,Kuningan,  Jakarta Selatan, Sabtu dinihari (25/9). Azis resmi ditahan KPK sebagai tersangka terkait kasus dugaan pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Lampung Tengah tahun 2017.
Azis Syamsuddin ditahan KPK. (Pradita Utama/detikcom)

Dia mengatakan Robin kemudian menemui Azis Syamsuddin di rumah dinas Azis Syamsuddin di Jakarta Selatan. Dalam pertemuan pada Agustus 2020 itu, Azis Syamsuddin diduga memberikan uang USD 100 ribu, SGD 17.600, dan SGD 140.500 ke Robin.

Uang tersebut kemudian ditukarkan Robin ke money changer ke mata uang rupiah. Penukaran dilakukan dengan menggunakan identitas pihak lain.

Atas perbuatannya, Azis dijerat Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tipikor. Azis juga telah ditahan.

Robin sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka lebih dulu dan ditahan. Selain dari Azis, Robin diduga menerima duit dari Wali Kota Tanjungbalai nonaktif Syahrial hingga mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari.


(haf/idh)