Kisruh dengan Warga, Kepala Satpam Kompleks Permata Buana Tersangka

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 09:30 WIB
Keributan antara warga vs sekuriti di Kembangan, Jakbar (dok.istimewa)
Keributan antara warga dan sekuriti di Kembangan, Jakbar (Foto: dok. istimewa)

Polisi Duga Ada Pungli

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Dwi Harsono mengungkap adanya dugaan pungli dalam keributan warga dengan satpam kompleks tersebut. Joko juga mengungkap adanya dugaan perampasan kendaraan oleh oknum satpam.

"Itu diduga ada pungli, termasuk perampasan kendaraan, karena kalau yang viral itu kan mobilnya diambil, dirampas. Itu yang jadi fokus kita, sih," kata Joko Dwi Harsono saat dihubungi, Rabu (22/9).

Polisi masih mengusut kasus dugaan pungli pada kasus keributan tersebut. Hingga kini kasus itu telah naik tingkat ke penyidikan.

"(Kasus) sekuriti sudah naik sidik, sudah penyidikan. Terus sekuriti sudah bukan wawancara, tapi sudah kita periksa sebagai saksi," ujarnya


Ketua RW Bantah Pungli

Sebelumnya, Amir selaku ketua pengurus RW membantah adanya pungli. Amir menjelaskan uang jaminan proyek yang diminta ke warga merupakan tata tertib yang harus dilaksanakan warga ketika warga melakukan proyek pembangunan renovasi atau rumah haru.

"Jadi begini, dia kan di sini kalau mau proyek kan ada izin, ada tata tertib yang mesti ditandatangani. Dia belum menandatangani itu, di tata tertib itu ada yang namanya uang jaminan proyek senilai Rp 10 juta, itu ada," kata Amir saat ditemui di lokasi, Kamis (23/9).


(yld/mei)