Round-Up

Miris Harimau Kurus di Medan Zoo Diduga Cacingan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 21:01 WIB
Screenshot video harimau kurus di Medan Zoo (dok. Istimewa)
Screenshot video harimau kurus di Medan Zoo (Foto: dok. Istimewa)
Medan -

Video menunjukkan seekor harimau di Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo dalam kondisi kurus dan memakan rumput viral. Harimau Sumatera tersebut diduga kurus karena cacingan.

Dalam video viral yang dilihat detikcom, Jumat (24/9/2021), terlihat seekor harimau yang berada di dalam kandang. Harimau itu tampak kurus dan sedang memakan rumput di dalam kandang.

Pengunggah video menyebut harimau itu berada di Medan Zoo. Pengunggah menyebut hewan-hewan lain yang berada di Medan Zoo dalam kondisi tidak terawat.

"Harimau Sumatera yang ada di Medan kemarin, badannya kurus dan memakan rumput. Kejadian di kebun binatang Medan," demikian narasi yang menyertai video itu.

PD Pembangunan Medan dan manajemen Medan Zoo belum memberikan penjelasan terkait harimau yang kurus itu. Sementara itu, BKSDA Sumut mengaku telah menurunkan tim untuk mengecek kondisi harimau.

"Kita lagi turunkan tim ke sana," kata staf bagian Humas BKSDA Sumut, Andoko Hidayat, saat dimintai konfirmasi.

Harimau Diduga Cacingan

Harimau itu diduga sedang sakit. Plt Kepala BKSDA Sumut, Irsal Azhar, mengatakan harimau tersebut telah diperiksa oleh tim dokter hewan Medan Zoo.

"Kondisi harimau yang fotonya viral semalam saat ini sedang sakit," kata Irsal.

Irsal mengatakan harimau itu sedang mengalami gangguan pencernaan. Dia menyebut harimau kurus itu sedang cacingan.

"Karena gangguan pencernaan dan cacingan menurut dokter hewan di Medan Zoo," tuturnya.

Dia mengatakan harimau itu sedang menjalani perawatan oleh tim dokter hewan Medan Zoo. BKSDA juga telah mengirim tim untuk mengecek kondisi harimau kurus tersebut.

"Kami sudah turunkan tim pagi ini ke Medan Zoo untuk memeriksa kondisi harimau Sumatera di sana, kami sedang menunggu hasil tim," jelasnya.