Harimau Viral Kurus-Makan Rumput di Medan Zoo Diduga Cacingan

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 13:20 WIB
Screenshot video harimau kurus di Medan Zoo (dok. Istimewa)
Foto: Screenshot video harimau kurus di Medan Zoo (dok. Istimewa)
Medan -

Video yang menunjukkan seekor harimau di Medan Zoo kurus dan makan rumput viral di media sosial. Harimau itu diduga sedang sakit.

"Kondisi harimau yang fotonya viral semalam saat ini sedang sakit," kata Plt Kepala BKSDA Sumut, Irsal Azhar, kepada wartawan, Jumat (24/9/2021).

Irsan mengatakan harimau itu sedang mengalami gangguan pencernaan. Dia mengaku mendapat informasi tersebut dari tim dokter hewan di Medan Zoo.

"Karena gangguan pencernaan dan cacingan menurut dokter hewan di Medan Zoo," tuturnya.

Irsal menyebut harimau itu sedang menjalani perawatan oleh dokter hewan. BKSDA juga telah mengirim tim untuk mengecek kondisi harimau kurus tersebut.

"Kami sudah turunkan tim pagi ini ke Medan Zoo untuk memeriksa kondisi Harimau Sumatera di sana, kami sedang menunggu hasil tim," jelasnya.

Sebelumnya, video yang menyebut harimau di Medan Zoo kurus dan makan rumput viral. Pimpinan DPRD Medan pun menyentil Wali Kota Medan karena hal itu.

Dilihat detikcom, Jumat (24/9), dalam video itu terlihat seekor harimau yang berada di dalam kandang. Harimau itu terlihat kurus dan sedang memakan rumput di dalam kandang.

Pengunggah menyebut harimau yang terlihat kurus itu berada di kebun binatang Medan atau Medan Zoo. Pengunggah juga menyebut hewan-hewan yang berada di Medan Zoo tidak terawat.

"Berikut foto Harimau Sumatera yang ada di Medan kemarin, badannya kurus dan memakan rumput. Kejadian di kebun binatang Medan," tulis narasi dalam video.

Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala meminta pengelola kebun binatang memberikan perawatan yang terbaik ke satwa yang ada. Rajuddin juga meminta Bobby Nasution mengevaluasi manajemen Medan Zoo buntut viral harimau kurus.

"Kita meminta agar Pemko Medan mengevaluasi pegawai, manajemen, yang mengurusi persoalan binatang di kebun binatang ini. Maunya binatang ini dirawat dengan baik," tutur Rajuddin.

Lihat juga video 'Taman Margasatwa Ragunan Akan Swab Satwanya yang Bergejala Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)