Alasan Joe Biden Undang Jokowi Bicara COVID-19 di Global Summit

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 18:20 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Global COVID-19 Summit rupanya diundang secara pribadi oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Biden ingin Jokowi menyampaikan masukan terkait penanganan COVID-19.

"Pada kesempatan itu Bapak Presiden sebagai salah satu dari 4 pimpinan dunia yang dipilih secara pribadi oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk memberikan masukan bagaimana kita bisa segera mengatasi pandemi COVID-19 ini," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam video di YouTube Sekretariat Presiden seperti dikutip, Jumat (24/9/2021).

3 Poin Joe Biden

Budi menjelaskan Joe Biden menyampaikan 3 hal dalam pertemuan tersebut. Salah satunya komitmen soal vaksinasi.

"Yang pertama adalah bahwa kita harus berkomitmen bersama-sama seluruh pimpinan-pimpinan negara untuk segera memvaksinasi umat manusia secepat-cepatnya, WHO sendiri mentargetkan tahun ini 40 persen dari populasi dunia bisa divaksinasi dan tahun depan 70 persen populasi dunia bisa divaksin," ujar Budi.

Selanjutnya, kata Budi, Biden juga menekankan mengenai pentingnya upaya penyelamatan nyawa umat manusia. Biden mengajak para pemimpin dunia untuk bersama-sama mempersiapkan alat kesehatan.

"Presiden Amerika Serikat juga menekankan pentingnya bahwa kita bertindak sekarang untuk menyelamatkan jutaan nyawa umat manusia, sudah 4,5 juta umat manusia wafat karena COVUD-19. Beliau mengajak para pimpinan dunia agar bersama-sama bisa mempersiapkan seluruh alat kesehatan obat-obatan dan hal-hal lainnya yang dibutuhkan menghadapi pandemi ini," tutur Budi.

Poin terakhir yang disampaikan Biden adalah kesiapan membangun masa depan. Biden mengajak para pemimpin untuk membangun sistem kesehatan dunia.

"Hal yang ketiga disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat adalah kita harus mempersiapkan diri untuk membangun masa depan yang lebih baik. Kita harus membangun arsitektur global ketahanan kesehatan dunia. Kita harus mempersiapkan bagaimana pembiayaan kesehatan dunia bisa ditata dengan lebih baik," ujar Budi.

Simak Video: Joe Biden Undang Jokowi, Minta Masukan Atasi Pandemi Covid-19

[Gambas:Video 20detik]