Cara Mudah Bikin Watermark KTP Biar Nggak Disalahgunakan, Coba Yuk!

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 15:13 WIB
Cara Mudah Bikin Watermark KTP Biar Nggak Disalahgunakan, Coba Yuk!
Cara Mudah Bikin Watermark KTP Biar Nggak Disalahgunakan, Coba Yuk! (Foto: Andhika Prasetia/Detikcom)
Jakarta -

Watermark KTP bisa jadi alternatif cara untuk mencegah data pribadi di e-KTP disalahgunakan. Coba bikin yuk!

Tak dipungkini, saat ini marak penipuan yang terjadi karena data pribadi kita di e-KTP tersebar luas. Bahkan, ada juga yang menyalahgunakan scan atau fotocopy KTP tanpa sepengetahuan kita.

Watermark KTP bisa menjadi solusi untuk meredam ragam penipuan. Cara ini pernah disosialisasikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) lewat Instagram.

Lantas, bagaimana cara membuat watermark KTP versi Kominfo? Simak penjelasannya di bawah ini.

Watermark KTP: Lakukan Melalui Aplikasi Digital

Watermark KTP bisa dilakukan secara digital. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Foto KTP dengan jelas
  2. Selanjutnya, buka aplikasi edit foto seperti PicsArt, Phonto dan sebagainya. Alternatif lain, kamu bisa menggunakan IG Story untuk membuat watermark KTP
  3. Di kolom teks atau tulisan, pilihlah font tulisan yang tersedia dalam aplikasi
  4. Langkah selanjutnya, masukkan informasi pendukung seperti tanggal scan KTP beserta kepentingannya. Sebagai contoh, kalau kamu hendak memverifikasi e-wallet, ketik SCAN KTP PADA 24-09-2021 UNTUK VERIFIKASI E-WALLET
  5. Letakkan tulisan tadi pada area kosong KTP. Perlu diingat, pastikan kamu tidak menutup informasi penting yang tertera di KTP ya

Watermark KTP: Bisa Dilakukan Dengan Cara Manual

Cara lain membuat watermark KTP yakni dengan manual. Merujuk akun instagram @kemenkominfo, watermark KTP bisa dilakukan melalui tulisan tangan. Watermark KTP bisa dituliskan di kertas kecil dan menempelkannya pada bagian kosong KTP.

Caranya pun cukup praktis. Kamu hanya perlu mengambil kertas dan menulis informasi pendukung beserta kepentingannya. Misalnya SCAN KTP PADA 24-09-2021 UNTUK VERIFIKASI E-WALLET kalau kamu hendak memverifikasi e-wallet.

Jika sudah, watermark KTP siap ditempel pada bagian kosong KTP. Namun perlu diingat, watermark KTP jangan sampai menutupi informasi penting lain di KTP ya.

Satu hal yang menjadi catatan dalam membuat watermark KTP. Sebenarnya, dengan watermark KTP kamu bisa tahu pihak mana saja yang melakukan pelanggaran. Kalau kamu melakukan verifikasi dan ada pihak yang meminta KTP mu, scan KTP dengan watermark pasti akan diterima.

Sebaliknya, kalau pihak tersebut minta scan KTP tanpa ada watermark, kamu perlu waspada dan bersikap tegas. Ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

(imk/imk)