Round-Up

Simpang Siur Keberadaan dr Gerald: Diculik OPM atau Hilang?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 07:29 WIB
Teroris KKB menyerang TNI-Polri hingga membakar fasilitas umum seperti SD hingga puskesmas di Kabupaten Pegunungan Bintang. Seorang mantri dilaporkan hilang. (Dok Polda Papua)
Foto: Teroris KKB menyerang TNI-Polri hingga membakar fasilitas umum seperti SD hingga puskesmas di Kabupaten Pegunungan Bintang. Seorang mantri dilaporkan hilang. (Dok Polda Papua)
Jayapura -

Keberadaan dokter Gerald Sokoy (28) belum diketahui hingga kini. Sepuluh hari sudah dr Gerald menghilang setelah terjadi penyerangan oleh teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Dokter Gerald ialah salah satu tenaga kesehatan (nakes) yang mengabdikan diri di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Dia termasuk 11 nakes Puskesmas Kiwirok yang berupaya mengamankan diri ketika terjadi penyerangan KKB pada Senin (13/9) pagi. Gerald bersama 2 nakes perempuan yakni Kristina Sampe Tonapa (32) dan Gabriela Meilan (22) sempat melarikan ke pegunungan.

Awalnya, 11 nakes tersebut tidak menyangka turut menjadi target kebengisan KKB. Mereka tetap setia di puskesmas untuk memberi pelayanan dan kemanusiaan.

Awal dr Gerald Hilang

Sekitar pukul 07.00 WIT, para nakes Puskesmas Kiwirok mendapat informasi bahwa teroris KKB akan menyerang TNI-Polri. Saat itu para nakes diminta tetap tenang dan bersiaga untuk langsung memberi perawatan korban luka dari penyerangan itu.

Pada pukul 09.00 WIT, baku tembak TNI-Polri dengan teroris KKB mulai terjadi. Sementara itu, para nakes tetap bersiaga di puskesmas.

Tenaga kesehatan (Nakes) korban penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tiba di Jayapura usai dievakuasi menggunakan helikopter milik TNI AD di Lapangan Frans Kaisepo Makodam XVII Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Jumat (17/9/2021). Sembilan dari 11 tenaga kesehatan Puskesmas Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang yang menjadi korban penyerangan KKB pada Senin (13/9/2021) di evakuasi ke Jayapura untuk menjalani perawatan di Rumah Sakit Marthen Indey, Kota Jayapura. ANTARA FOTO/Indrayadi TH/hp.Sembilan nakes korban penyerangan KKB tiba di Jayapura dievakuasi menggunakan helikopter milik TNI AD di Lapangan Frans Kaisepo Makodam XVII Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Jumat (17/9/2021). (Foto: Indrayadi TH/Indrayadi TH)

"Jadi kami nakes tidak berpikir takut karena sudah ada pernyataan KKB untuk membantu mereka kalau ada yang terluka saat terjadi kontak tembak dengan TNI," kata seorang nakes yang selamat, Marselinus Ola Attanila, di Lapangan Makodam XVII/Cenderawasih, Jumat (17/9).

Marselinus menceritakan hal tersebut setelah dievakuasi dari Kiwirok menggunakan helikopter TNI ke Jayapura.

Lihat juga video 'Hoax-hoax Teroris OPM untuk Sudutkan TNI-Polri':

[Gambas:Video 20detik]



Simak kesaksian nakes yang selamat soal kondisi terakhir dr Gerald yang disaksikannya di halaman selanjutnya.