Round-Up

Kronik Alex Noerdin di Masjid Sriwijaya: Dibanggakan hingga Ditelantarkan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 21:46 WIB
Eks Gubernur Sumsel Alex Noerdin ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi pembangunan Masjid Sriwijaya. Berikut lokasi masjid tersebut bakal didirikan.
Proyek Masjid Sriwijaya terbengkalai karena dikorupsi. (Prima Syahbana/detikcom)

Pernah Dibanggakan Kini Jadi Tak Karuan

Alex Noerdin sebetulnya pernah membanggakan Masjid Sriwijaya yang digadang-gadang bakal menjadi masjid termegah di Asia. Hal tersebut disampaikan Alex pada September 2016.

"Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 20 hektare yang didukung dengan peralatan modern diharapkan selesai sesuai dengan rencana sebelum pelaksanaan Asian Games 2018," kata Alex Noerdin pada Jumat, 30 September 2016, seperti dilansir Antara.

Kala itu memang Palembang tengah bersiap menyambut pergelaran Asian Games 2018. Beragam persiapan dilakukan, termasuk pembangunan masjid itu.

Alex Noerdin saat itu mengklaim Palembang akan dikembangkan menjadi wisata religi. Alex kala itu menyebut pembangunan Masjid Sriwijaya dan beberapa fasilitas lainnya diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan Nusantara dan mancanegara berkunjung ke Palembang, yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 bersama DKI Jakarta.

Eks Gubernur Sumsel Alex Noerdin ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi pembangunan Masjid Sriwijaya. Berikut lokasi masjid tersebut bakal didirikan.Masjid Sriwijaya terbengkalai tak karuan. (Prima Syahbana/detikcom)

detikcom pun sempat menyambangi proyek Masjid Sriwjaya tersebut pada Rabu (23/9/2021) kemarin. Masjid yang berada di Jalan Pangeran Ratu, Jakabaring, Palembang, tersebut ternyata mangkrak tak karuan.

Terlihat baru ada beberapa bangunan tiang fondasi, padahal proyek sudah berjalan bertahun-tahun. Rumput di sekitar juga sudah mulai tumbuh tinggi.

Selain itu, pintu atau gerbang masuk ada yang roboh. Di sana juga terlihat plang atau segel yang bertulisan 'Kawasan & Bangunan ini dalam proses penyidikan Tipikor Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan'.


(maa/maa)