Saat Alex Noerdin Banggakan Proyek Masjid Sriwijaya Bakal Termegah Se-Asia

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 13:42 WIB
Desain masjid sirwijaya
Foto atas merupakan desain Masjid Sriwijaya, foto bawah adalah kondisi saat ini di proyek Masjid Sriwijaya (Foto: dok istimewa/kind.idprojectlist)
Jakarta -

Alex Noerdin masih mendekam di balik sel rumah tahanan (rutan) karena terjerat dua perkara korupsi, yang salah satunya terkait proyek Masjid Sriwijaya. Mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) itu padahal pernah suatu waktu membanggakan proyek yang kini mangkrak itu.

Untuk perkara korupsi proyek Masjid Sriwijaya, Alex Noerdin dijerat oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel. Sedangkan perkara lainnya ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung) adalah dugaan korupsi pembelian gas bumi.

Berkenaan dengan proyek Masjid Sriwijaya, detikcom pada Kamis (23/9/2021) menyambangi lokasinya yang berada di Jalan Pangeran Ratu, Jakabaring, Palembang. Ternyata proyek itu mangkrak tak karuan.

Terlihat hanya ada beberapa bangunan tiang fondasi. Rumput di sekitar juga sudah mulai tumbuh tinggi. Selain itu, pintu atau gerbang masuk ada yang roboh. Di sana juga terlihat plang atau segel yang bertulisan 'Kawasan & Bangunan ini dalam proses penyidikan Tipikor Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan'.

Kejagung sebelumnya mengungkap sejumlah kejanggalan terkait pembangunan Masjid Sriwijaya tersebut. Pembangunan belum rampung meski dana yang dikucurkan sudah mencapai Rp 130 miliar.

"Pembangunan Masjid Sriwijaya tersebut juga tidak selesai. Akibat penyimpangan tersebut telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 130 miliar," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Leonard Eben Ezer dalam jumpa pers virtual, Rabu (22/9).

Selain itu, Leonard mengatakan penganggaran dana hibah Masjid Sriwijaya, Palembang, ini tidak sesuai dengan prosedur. Dana dikucurkan diduga hanya atas perintah Alex Noerdin.

"Penganggaran dana hibah tersebut tidak sesuai dengan prosedur sebagaimana dalam peraturan perundang-undangan, di antaranya tidak didahului dengan pengajuan proposal dari pihak Yayasan Wakaf Masjid Sriwijaya sebagai penerima dana hibah dan hanya berdasarkan perintah AN (Alex Noerdin) selaku Gubernur Sumsel," jelas Leonard.

Pernah Dibanggakan Alex Noerdin

Menilik beberapa tahun lalu tepatnya pada 2016, Alex Noerdin yang masih aktif sebagai Gubernur Sumsel pernah membanggakan proyek masjid itu. Masjid Sriwijaya disebut dirancang sebagai masjid terbesar dan termegah di Asia.

"Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 20 hektare yang didukung dengan peralatan modern diharapkan selesai sesuai dengan rencana sebelum pelaksanaan Asian Games 2018," kata Alex Noerdin pada Jumat, 30 September 2016 seperti dilansir Antara.

Kala itu memang Palembang tengah bersiap menyambut pagelaran Asian Games 2018. Beragam persiapan dilakukan termasuk salah satunya pembangunan masjid itu.

Alex Noerdin saat itu mengklaim Palembang akan dikembangkan menjadi wisata religi. Disebutkan Alex Noerdin mengatakan pembangunan Masjid Sriwijaya dan beberapa fasilitas lainnya diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan Nusantara dan mancanegara berkunjung ke Palembang yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 bersama DKI Jakarta.

Namun kini proyek itu tak terealisasi. Masjid Sriwijaya itu tak tampak wujudnya karena diselimuti perkara korupsi yang menjerat Alex Noerdin.

Simak juga video 'Kata Gubernur Sumsel soal Alex Noerdin Tersangka Korupsi Masjid Sriwijaya':

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/tor)