ADVERTISEMENT

Ganjil Genap di Margonda Depok Akan Diuji Coba, Ini Rekayasa Lalinnya

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 14:08 WIB
Pemberlakuan ERP di Jalan Margonda

Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/4). Pemerintah Provinsi Jawa Barat mewacanakan penerapan jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP) di ruas jalan Margonda Raya untuk mengatasi masalah kemacetan di kawasan itu, sementara Pemkot Depok akan mengkaji usulan tersebut.  Grandyos Zafna/detikcom
Lalu lintas di Jalan Margonda Raya (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Depok segera melakukan uji coba ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, pada awal Oktober. Polisi telah menyiapkan skema pengalihan arus di sekitar lokasi untuk mengantisipasi kemacetan.

Uji coba ganjil-genap ini sendiri diterapkan di sepanjang Jalan Margonda mulai titik kolong flyover UI hingga simpang Ramanda. Uji coba ganjil-genap berlaku di kedua arah menuju Jakarta dan Citayam.

"Kalau sekarang ini kita start sebelum flyover, misal Sabtu ganjil, mau melintas situ genap, kita alih ke Jalan Komjen M Yasin atau putar balik ke Jakarta Selatan. Memang kita sekarang fokusnya untuk alternatif ke Jalan Komjen Yasin," ujar Kasat Lantas Depok AKBP Andi M Indra Waspada saat dihubungi detikcom, Kamis (23/9/2021).

Ganjil-genap akan diuji coba mulai awal Oktober 2021. Ganjil-genap diuji coba 2 minggu pada saat akhir pekan.

Kendati demikian, Indra menyebut pihaknya masih melakukan survei ulang dengan beberapa stakeholder terkait. Pihaknya juga akan mengundang para pelaku usaha untuk menjelaskan pemberlakuan ganjil-genap ini.

"Ini masih kita survei ulang. Rencana dalam waktu dekat nunggu BPTJ, kita gunakan jalan nasional, maka harus ada rekomendasi dari BPTK tadi. Sebelum itu juga kita akan undang pelaku usaha dan warga sekitar. Kita kerja sama dengan pemkot akan undang mereka, kita akan jelaskan berlakukan ganjil-genap. Tentunya nanti kan berdampak," ungkap Indra.

Hanya untuk Mobil

Sebelumnya diberitakan, Satlantas Wilayah Depok akan menguji coba ganjil-genap di Jalan Margonda Raya. Ganjil-genap ini hanya berlaku untuk kendaraan roda empat.

"Tentu sosialisasi dulu, terus uji coba. Belum tahu kapan diberlakukan dan rencana khusus mobil saja," kata Kanit Laka Polres Metro Depok AKP Rasman kepada wartawan, Selasa (21/9).

Rasman berharap nantinya ganjil-genap ini dapat mengendalikan mobilitas masyarakat untuk menekan laju penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Tentunya untuk protokol kesehatan dan pengendalian mobilitas guna pencegahan penyebaran COVID-19," tuturnya.

Rasman mengatakan ganjil-genap ini rencananya diterapkan di kedua arah Jalan Margonda Raya mulai simpang Arif Rahman Hakim sampai flyover Universitas Indonesia (UI).

(whn/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT