ADVERTISEMENT

Ganjil Genap di Jalan Margonda Depok Berlaku Cuma Saat Weekend

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 13:47 WIB
Wacana Pelarangan Motor Melintasi Jalan Margonda

Kendaraan bermotor melintasi jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Kamis (17/08/2017). Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ  mengeluarkan rekomendasi perluasan pelarangan motor di sejumlah jalan di Jakarta dan kota-kota di sekitarnya, salah satunya di Jalan Margonda, Depok. Grandyos Zafna/detikcom
Jalan Margonda Raya Depok (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Satlantas Polres Metro Depok akan melakukan uji coba ganjil-genap di sepanjang Jalan Margonda Raya pada Oktober mendatang. Ganjil-genap ini berlaku hanya saat akhir pekan atau weekend.

"Pelaksanaan di hari weekend yang kepadatannya meningkat, Sabtu-Minggu," kata Kasat Lantas Polrestro Depok, AKBP Andi M Indra kepada wartawan, Kamis (23/9/2021).

Indra mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan survei kedua kali di sepanjang Jl Margonda Raya yang akan diberlakukan ganjil genap. Ganjil genap ini akan diuji coba mulai Oktober 2021.

"Nanti kita akan studi banding ke Polda Metro Jaya berkaitan mekanismenya. Diharapkan bulan Oktober uji coba 2 minggu," imbuhnya.

Andi menerangkan ganjil-genap ini terfokus di ruas Jalan Margonda sebelum flyover Universitas Indonesia sampai simpang Ramanda. Bagi kendaraan yang terkena ganjil-genap akan diputar ke Jalan Komjen Yasin.

"Ruas jalan dari Jaksel sebelum flyover UI, sampai Ramanda. Kalau sekarang ini kita start sebelum flyover, misal Sabtu ganjil, mau melintas situ genap, kita alih ke Komjen Yasin atau putar balik ke Jakarta Selatan. Memang kita sekarang fokusnya untuk alternatif ke Jalan Komjen Yasin," tuturnya.

Sebelumnya, Kanit Laka Lantas Depok AKP Rasman mengatakan ganjil-genap rencananya diterapkan di kedua arah Jalan Margonda Raya mulai simpang Arif Rahman Hakim sampai flyover Universitas Indonesia (UI).

"Di Jalan Margonda segmen 2 dan 3, dari simpang Arif Rahman Hakim sampai flyover UI, kanan-kiri," kata Rasman saat dihubungi, Selasa (21/9).

Rasman mengatakan pihaknya saat ini tengah mensosialisasikan terkait kebijakan ganjil-genap ini.

"Tentu sosialisasi dulu, terus uji coba," ucapnya.

Rasman memastikan ganjil-genap ini hanya berlaku untuk kendaraan roda 4 ke atas.

"Belum tahu kapan diberlakukan dan rencana khusus mobil saja," imbuhnya.

(whn/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT