detikcom Do Your Magic

Before-After Pembersihan Kali di Rawa Bunga untuk #CegahBanjir

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 19:02 WIB
Masalah sampah di kali dekat Kelurahan Rawa Bunga: TUNTAS
Masalah sampah di kali dekat Kelurahan Rawa Bunga: TUNTAS. (Mindra Purnomo/detikcom )

Sampah di Kali

Before

Sampah-sampah yang didominasi oleh sampah plastik terapung di lokasi. Posisi sampah menumpuk di bawah jembatan.

Sampah-sampah tersebut tak bisa mengalir terbawa arus. Sampah tersebut tersangkut di plastik pelampung biru yang disebut dengan HPDE. HPDE tersebut fungsinya untuk menyaring sampah.

Sampah di kolong jembatan kali dekat Kantor Kelurahan Rawa Bunga, Jaktim, 21 September, sore. (Rafiq Rizqullah via Pasangmata)Sampah di kolong jembatan kali dekat Kantor Kelurahan Rawa Bunga, Jaktim, 21 September, sore. (Rafiq Rizqullah via Pasangmata)

Pada Kamis (22/9/2021), pukul 10.30 WIB, sampah terlihat tersangkut di area yang sama. Jumlah sampah yang tersangkut cukup banyak.

Tak hanya berada di kali, sampah pun menumpuk di dermaga apung berwarna abu-abu. Sampah tersebut belum dibawa ke tempat pembuangan sampah di darat.

After

Petugas membersihkan sampah pada Kamis siang sekitar pukul 13.00 WIB, meskipun mereka menyebut telah mengangkut sampah pada pagi hari. Mereka mulai mengangkut sampah yang tersumbat di plastik HPDE maupun di dermaga apung tempat pembuangan sampah.

Butuh waktu sekitar satu jam untuk membersihkan kali. Mereka mengangkut sampah ke atas mobil pengangkut sampah.

Hasilnya, kali telah bersih dari sampah. Sampai pukul 17.00 WIB, tidak terlihat sampah menumpuk, baik di kali maupun di dermaga apung.

Kali di dekat Kelurahan Rawa Bunga telah bersih dari sampah.Kali di dekat Kelurahan Rawa Bunga telah bersih dari sampah. (Athika Rahma/detikcom)



Petugas UPK Badan Air menyebut pihaknya rutin membersihkan kali. Mereka mengambil sampah di kali untuk diangkat ke dermaga apung atau ponton sebagai penampungan sementara setiap hari. Setelah sampah menumpuk atau tiga hari sekali, sampah di ponton diangkut.

"Kalau tiap hari diangkut sampahnya seperti tadi (volume sampah sedikit) nggak begitu banyak. Kalau sehari langsung penuh di ponton, ya diangkut," kata pengawas kali Kecamatan Jatinegara UPK Badan Air Sapi'i Hasan


(aik/tor)