Masih Ada Tumpukan Sampah di Kali Dekat Kelurahan Rawa Bunga Jaktim

Athika Rahma - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 11:32 WIB
Sampah menumpuk di kali depan Kelurahan Rawa Bunga, Jakarta Timur
Foto: Athika Rahma/detikcom
Jakarta -

Kali di bawah jembatan dekat Kelurahan Rawa Bunga dipenuhi sampah. Masalah sampah ini dikhawatirkan akan menimbulkan banjir jika tidak ditangani.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 10.30 WIB, Kamis (23/9/2021), sampah tersebut menumpuk di kali seberang kantor Kelurahan Rawa Bunga, Jl Jatinegara Timur IV, dan persimpangan Gang Kober.

Sampah menumpuk di kali depan Kelurahan Rawa Bunga, Jakarta TimurSampah menumpuk di kali depan Kelurahan Rawa Bunga, Jakarta Timur. (Athika Rahma/detikcom)

Sampah-sampah tersebut menumpuk akibat tersaring di papan penyekat sampah. Papan berwarna biru dan abu-abu tersebut memang berada tepat di tengah kali.

Terlihat, sampah yang tersaring kebanyakan berasal dari sampah rumah tangga. Sampah-sampah ini hanyut mengikuti aliran air dari arah Cililitan.

Sementara itu, di sisi jembatan yang lain, terlihat tidak ada sampah yang menumpuk. Air kali berwarna cokelat mengalir dengan lancar tanpa membawa sampah plastik maupun kayu.

Sebelumnya, seorang warga bernama Rafif Rizqullah melaporkan keberadaan sampah ini via Pasangmata detikcom. Dia menilai sampah ini perlu diangkut untuk #cegahbanjir

"Saya melihat pelampung itu menghambat sampah. Harapan saya, sampah segera diangkat, apalagi ini dekat kantor Kelurahan Rawa Bunga, ada petugas PPSU juga di Kelurahan. Sampah perlu diangkut supaya tidak banjir, apalagi ini sudah sering hujan," kata Rafif, Selasa (21/9) sore.

(aik/aik)