Sampah Diangkut, Kali Dekat Kelurahan Rawa Bunga Jaktim Bersih

Athika Rahma - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 17:45 WIB
Kali di dekat Kelurahan Rawa Bunga telah bersih dari sampah.
Foto: Athika Rahma/detikcom
Jakarta -

Kali dekat Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur (Jaktim), telah dibersihkan dari sampah yang menggenang. Kini, kondisi kali cukup bersih.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (23/9/2021) pukul 17.00 WIB, memang terlihat beberapa sampah di papan plastik penyaring sampah atau HDPE, tapi volumenya tidak sebanyak sebelumnya. Kondisi serupa dijumpai pada dermaga tempat penampungan sampah sementara atau ponton.

Kali ini dibersihkan oleh petugas penyedia jasa layanan perorangan (PJLP) UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta pukul 14.00 WIB lalu. Sampah tersebut dipilah dan diangkut ke mobil sampah yang menepi di jembatan di atas kali tersebut.

Sebelumnya, sampah rumah tangga terlihat menumpuk di papan HDPE. Sampah ini dinilai bisa menyumbat aliran air dan menyebabkan banjir.

Pengawas Kali Kecamatan Jatinegara UPK Badan Air Sapi'i Hasan menjelaskan memang sebelumnya terdapat sampah di sana. Namun, sampah-sampah tersebut sudah diangkut sejak pagi tadi.

Sementara itu, plastik yang terlihat menggenang dan seolah menghambat aliran air tersebut sebenarnya adalah plastik HPDE yang menyaring sampah yang hanyut di kali tersebut.

"Ini (plastik HPDE) ini gunanya bukan menghambat (sampah), ini buat menyaring, bukan penghambat (yang menyebabkan) banjir," katanya.

UPK Badan Air biasanya mengambil sampah tiap 3 hari sekali. Namun, jika satu hari saja ponton sudah penuh, petugas UPK Badan Air akan segera mengangkatnya.

(aik/aik)