71 Mobil Pasang Rotator Ditilang Selama 4 Hari Operasi Patuh Jaya

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 17:20 WIB
Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2021. Sejumlah pengendara yang melanggara aturan di Bundaran HI, Jakarta, ditilang.
Ilustrasi (Rengga Sencaya/detikcom)
Jakarta -

Operasi Patuh Jaya 2021 telah berjalan selama empat hari. Selama pelaksanaan Operasi Patuh Jaya, tercatat 71 mobil berpelat hitam yang ditilang karena menggunakan rotator.

"Untuk pelanggaran rotator saja itu sudah ada kurang lebih 71 kendaraan yang kita tindak dengan tilang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (23/9/2021).

Selain melakukan penilangan, Sambodo menyebut pengendara yang ditilang pun diminta mencopot rotatornya dari kendaraan. Dia memastikan rotator hanya diperbolehkan bagi kendaraan dinas.

"Jadi tidak hanya ditilang, tapi rotatornya juga dicopot. Karena rotator itu hanya digunakan untuk kendaraan dinas, bukan untuk kendaraan pribadi. Kendaraan dinas yang menggunakan pelat hitam maka disamakan dengan kendaraan pribadi," terang Sambodo.

2.600 Kendaraan Ditindak

Terkait pelaksanaan Operasi Patuh Jaya, Sambodo mencatat angka pelanggaran lalu lintas tergolong tinggi. Pada Rabu (22/9) pihaknya mencatat ada sekitar 2.600 pelanggaran lalu lintas.

"2.600 itu gabungan seluruh pelanggaran macam-macam. Pelanggaran rambu, pelanggaran ganjil genap, pelanggaran tidak menggunakan helm, pelanggaran-pelanggaran lainnya termasuk melawan arus," katanya.

Dia menambahkan tiap harinya ada 400 hingga 500 pelanggaran yang dicatat tiap jajaran Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya selama pelaksanaan Operasi Patuh Jaya.

"Kendaraan yang kita tindak dan rata-rata per hari tindakan itu bisa mencapai 400-500 penindakan dari seluruh jajaran. Mudah-mudahan ke depan paling tidak selama Operasi Patuh Jaya ada perubahan situasi lalu lintas di jalan, semakin jarang kita mendengar ada knalpot bising, jarang kita mendengar adanya balapan liar," papar Sambodo.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya