71 Mobil Pasang Rotator Ditilang Selama 4 Hari Operasi Patuh Jaya

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 17:20 WIB
Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2021. Sejumlah pengendara yang melanggara aturan di Bundaran HI, Jakarta, ditilang.
Ilustrasi (Rengga Sencaya/detikcom)

Polda Metro Jaya menggelar operasi terpusat 'Patuh Jaya 2021' mulai Senin (20/9/021). Motor knalpot bising hingga rotator menjadi sasaran utama Operasi Patuh Jaya 2021.

"Walau kami tak ada penindakan razia di jalan, tapi ada beberapa pelanggaran menjadi target khusus untuk kami tertibkan. Pertama knalpot bising akan kami gencarkan, baik oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan seluruh anggota Polres jajaran," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/9).

Pelanggaran lainnya yang menjadi sasaran Operasi Patuh Jaya ada penggunaan rotator dan sirene yang tidak sesuai dengan aturan. Polisi menilai banyak kendaraan pribadi yang menggunakan rotator dan sirene untuk meminta prioritas di jalan.

Aksi balap liar pun menjadi bentuk pelanggaran lalu lintas yang menjadi prioritas petugas untuk ditindak. Sambodo menyebut pihaknya akan melakukan patroli ke titik-titik yang diketahui kerap menjadi ajang balap liar.

Operasi Patuh Jaya 2021 ini diketahui digelar mulai 20 September hingga 3 Oktober 2021. Sebanyak 3.070 personel diturunkan selama operasi lalu lintas tersebut.


(ygs/mea)