Ganjil-Genap Margonda Depok Diyakini Efektif Bila Berlaku Juga Buat Motor

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 07:15 WIB
Sejumlah kendaraan antre melewati penyekatan di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Kamis (8/7/2021). Kepadatan tersebut terjadi dikarenakan banyak kendaraan yang tidak dapat melintas dari Depok menuju Jakarta akibat penyekatan PPKM Darurat di jalan tersebut. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/foc.
Jalan Margonda, Depok (Foto: ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)
Depok -

Pemkot Depok berencana melakukan uji coba ganjil genap bagi kendaraan roda empat di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat. Ganjil genap dianggap bisa efektif bila berlaku juga buat sepeda motor.

"Berlaku untuk semua kendaraan bermotor baik mobil dan motor pribadi, tidak bisa hanya mobil saja karena jumlah pengendara motor justru lebih banyak," tutur pengamat tata kota Nirwono Yoga kepada detikcom, Rabu (22/9/2021).

Selain itu, ganjil genap dapat efektif bila kawasan Jalan Margonda sudah terintegrasi dengan transportasi umum. Kemudian, kawasan Margonda, terang Yoga, harus memiliki trotoar yang baik sehingga warga termotivasi untuk jalan kaki tanpa menggunakan kendaraan.

"(Gage bakal efektif bila) pembatasan (ganjil genap) berlaku sepanjang hari, minimal pada jam sibuk jam 5-9 dan 16-21," ucap Yoga.

Sementara itu, peneliti tata kota dari Universitas Trisakti, Yayat Supriatna mengutarakan sejumlah catatan yang harus diperhatikan oleh Pemkot Depok. Salah satunya terkait kemacetan di jalan tol efek dari ganjil genap di Jalan Margonda.

"Impact nya kemungkinan akan menimbulkan kepadatan di jalan tol Depok yang ke arah Jagorawi, maka jalan-jalan terdampak itu yang harus dipertimbangkan," tutur Yayat.

"Kedua, seberapa besar kemampuan jalan-jalan alternatif itu untuk menampung lebih dari 50% perjalanan yang selama ini bebas (melintas) di Jalan Margonda," lanjutnya.

Selengkapnya di halaman berikutnya

Simak juga 'Jadwal Pemberlakuan Ganjil Genap di Kawasan Wisata Cipanas':

[Gambas:Video 20detik]